MEDAN – HUMAS USU : Universitas Sumatera Utara menggelar Forum Group Discussion Penyusunan Rencana Strategis USU 2020-2024 di Ruang Senat Akademik Gedung Biro Pusat Administrasi lantai 3 USU dengan menampilkan dua pembicara dari Kemenristekdikti RI, Jum’at (23/8/2019). Keduanya adalah Kepala Biro Perencanaan Sekretariat Jenderal Kemenristekdikti, Dr Ir Erry Ricardo Nurzal, MT, MPA dan Kepala Sub Bagian Perencanaan Program dan Anggaran I, Achmad Hadiansyah, S Kom.

ab 1Dalam acara yang dibuka oleh Wakil Rektor III USU Drs Mahyuddin KM Nasution, MIT, Ph D, turut hadir Analis Perencanaan Kemenristekditi Doddy Tri Hardiyanto, S Si, MM, Wakil Rektor I USU Prof Dr Ir Rosmayati, MS, Ketua Senat Akademik USU Prof Dr Suwarto, SH, MH, para Dekan, Wakil Dekan, Direktur Sekolah Pascasarjana, Direktur Rumah Sakit USU, Direktur Rumah Sakit Gigi dan Mulut, para Pimpinan Lembaga dan Unit Kerja di lingkungan USU.

ab 5Dalam sambutannya, Wakil Rektor III USU mengatakan bahwa hingga sejauh ini USU telah menjalankan tugas dan fungsinya sebagai PTN BH dengan baik. Ia berharap semoga pada tahun berikutnya USU dapat menjalankan visi dan misinya sebagaimana yang telah direncanakan.

ab 2Lebih lanjut ia mengingatkan, bahwa meskipun saat ini USU sudah masuk ke klaster 1 Peringkat Perguruan Tinggi Kemenristekdikti, namun masih terpampang perjuangan berat menembus masuk QS Ranking. Ia berharap semoga dalam waktu yang tidak begitu lama lagi USU dapat masuk dalam jajaran perguruan tinggi peringkat dunia.

ab 7Dikatakannya, internasionalisasi perguruan tinggi dimaknai sebagai sebuah proses pada perguruan tinggi di mana tujuan, fungsi atau penyampaian pendidikan terintegrasi dengan komponen internasional. Cakupannya meliputi pengembangan dan inovasi kurikulum, pertukaran dosen dan mahasiswa, pengembangan program studi, ketersediaan fasilitas dan teknologi pembelajaran berstandar internasional, penelitian dan publikasi bersama. Untuk itu, ia mengharapkan agar seluruh civitas akademika USU dapat bekerja keras dalam menyelaraskan pencapaian terbaik untuk seluruh unsur tersebut.

ab 10Sementara itu, Kepala Biro Perencanaan Sekretariat Jenderal Kemenristekdikti, Dr Ir Erry Ricardo Nurzal, MT, MPA, dalam sambutannya mengawali paparan sebagai narasumber, mengapresiasi hasil yang telah didapatkan oleh USU dalam klasterisasi kali ini. Masuk dalam klaster 1 berarti membuktikan bahwa USU berhasil mengukuhkan diri dalam jajaran perguruan tinggi elit dan terbaik di Indonesia.

ab 8Hanya saja, ia mengingatkan, agar USU segera berpacu dalam memfasilitasi keberadaan dosen asing dalam jajaran tenaga pendidik yang dimilikinya. Mengingat keberadaan dosen asing merupakan salah satu point penting dalam penilaian pemeringkatan, serta menjadi kebutuhan untuk menyongsong internasionalisasi perguruan tinggi.

ab 9Dr Ir Erry Ricardo Nurzal memilih judul Rancangan Teknokratis RPJMN 2020-2024 dan Rancangan Teknokratis Renstra Kemenristekdikti 2020-2024 untuk pemaparannya. Sedangkan Achmad Hadiansyah, S Kom, membahas langsung tentang Penyusunan Rencana Strategis yang antara lain menampilkan tentang Landasan Hukum dan Langkah-langkah Penyusunan Renstra, Struktur Penulisan Dokumen Renstra, Mekanisme atau Alur Penyusunan Renstra dan lain-lain. (Humas)

PetaIkonikUSU