MEDAN – HUMAS USU :  Untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pentingnya pemeriksaan kesehatan hati, dr Elvita Rahmi Daulay, M Ked (Rad), Sp Rad (K) dari Universitas Sumatera Utara, melakukan Pemeriksaan USG Hati Pada Anak, belum lama ini. Pemeriksaan dilakukan di SD Swasta Tahfizh Quran Berastagi, jl Jamin Ginting no 10, Desa Laugumba, Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Elvita 6Kegiatan tersebut digelar dalam rangka Pengabdian Kepada Masyarakat yang diikuti oleh 57 orang siswa dari  SD Swasta Tahfizh Quran Berastagi. Turut mendampingi dalam pelaksanaan kegiatan itu Dr dr Mohd Riza Z Tala, M Ked (OG)., Sp. OG(K) dan PPDS Radiologi serta dihadiri oleh Kepala Sekolah Budi Murni Pulungan, para guru dan siswa.

Elvita 3Kepala sekolah, para guru dan siswa terlihat sangat antusias menyambut seluruh tahapan pemeriksaan. Dalam penyuluhan yang dilakukan oleh dr Elvita, semua siswa-siswi  SD Swasta Tahfizh Quran Berastagi menyimak dan memperhatikan dengan serius seluruh keterangan yang dipaparkan.

Elvita 1Dr Elvita Rahmi Daulay, M Ked(Rad), Sp Rad(K) selaku Ketua Pelaksana Pengabdian Pada Masyarakat USU untuk Pemeriksaan USG Hati Pada Anak mengatakan, dengan terlaksananya program pengabdian masyarakat ini diharapkan masyarakat lebih sadar akan pentingnya pencegahan dan deteksi dini pada penyakit hati. Karena apabila terlambat mengetahuinya maka akan berakibat memperburuk kondisi penyakit, serta memakan waktu yang lebih lama dan biaya yang juga lebih besar. Menurutnya, dengan terlaksananya pengabdian masyarakat ini diharapkan masyarakat juga bisa saling berbagi informasi tentang kesehatan hati termasuk penyakit perlemakan hati non alkoholik pada anak.

Elvita 5Selain itu, pemeriksaan USG hati pada anak ini juga dapat berfungsi untuk mendeteksi dini penyakit perlemakan hati non alkoholik pada anak. Juga menurunkan angka morbiditas akibat penyakit perlemakan hati non alkoholik pada anak, serta memotivasi masyarakat agar aktif dalam tindakan pencegahan dan deteksi dini penyakit perlemakan hati non alkoholik pada anak.

Elvita 4Adapun materi edukasi yang diberikan dalam kesempatan itu mencakup tentang  pentingnya organ hati, definisi penyakit pada hati termasuk perlemakan hati non alkoholik pada anak, gejala dan tanda penyakit pada hati termasuk perlemakan hati non alkoholik pada anak, pemeriksaan USG untuk deteksi penyakit perlemakan hati non alkoholik pada anak, komplikasi penyakit pada hati termasuk perlemakan hati non alkoholik pada anak dan penatalaksanaan. (Humas)

PetaIkonikUSU