MEDAN – HUMAS USU : Universitas Sumatera Utara (USU) menampilkan puluhan produk inovasinya dalam Pameran Ritech Expo 2019, 25-28 Agustus 2019, bertempat di Lapangan Puputan, Renon, Denpasar, Bali. Satu di antaranya adalah Minokit, yang cukup mencuri perhatian para pengunjung stan pameran USU. Rektor USU Prof Dr Runtung Sitepu, SH, M Hum, menyempatkan hadir meninjau produk-produk yang ditampilkan oleh Tim USU.

Minorkit 11Minokit merupakan salah satu start up binaan inkubator lembaga inovasi usu sejak tahun 2017. Minokit menghasilkan produk modul pembelajaran robotik dasar tanpa kabel (hanya plug dan play) yang memudahkan anak-anak untuk belajar robotik dasar. Produk ini merupakan kolaborasi antara alumni Fakultas Teknik (FT) USU Dwi Budi Prasetyo dengan  salah seorang pengajar di FT USU, Emerson Sinulingga, ST, M Sc, Ph D, sebagai inventornya.

Minorkit 6Sejak mahasiswa, Budi sudah menjadi salah seorang anggota UKM Robotik USU. Melalui produk yang dihasilkannya, Budi bercita-cita agar anak-anak Indonesia sedini mungkin dipermudah untuk belajar tentang robot.

Minorkit 8Minokit sendiri sudah mendapatkan dukungan dari Rektor USU melalui program inkubasi.  Sejak 2018, Minokit juga sudah mendapatkan bantuan dari Kemristekdikti melalui program Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT) yang merupakan salah satu penyokong indikator kinerja Rektor USU untuk aspek inovasi. Minokit sudah mendapatkan bntuan dari PPBT selama dua tahun dengan target dapat menjadi start up yang scaling up nantinya.

Minorkit 3Selain itu, Minokit merupakan salah satu produk unggulan USU dalam pengembangan inovasi, sehingga dalam beberapa event inovasi Minokit selalu ikut berpartisipasi bersama Tim USU. Tidak hanya sebatas memamerkan produk, melainkan juga membawa nama USU untuk pengembangan modul belajar robotik plug n play yang pertama di Indonesia.

Minorkit 10Pameran Ritech Expo 2019 sebelumnya dibuka oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir didampingi Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, Sekretaris Jenderal Kemristekdikti Ainun Na’im dan Direktur Jenderal Penguatan Inovasi Jumain Appe, pada Minggu (25/8/2019).

Minorkit 2Gelaran tahunan ini merupakan ajang penampilan hasil riset dan inovasi karya anak bangsa. . Ritech Expo 2019 merupakan gelaran ketiga yang diselenggarakan di luar Pulau Jawa setelah Makassar, Sulawesi Selatan dan Pekanbaru, Riau. Dalam sambutannya, Menristekdikti berharap penyelenggaraan Ritech Expo di Bali dapat merangsang munculnya inovasi-inovasi di daerah.

Minorkit 5Selama gelaran Ritech Expo masyarakat dapat mengikuti semua gelaran secara gratis dan akan disuguhi produk-produk inovasi menarik dari berbagai perguruan tinggi, Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) di bawah koordinasi Kemristekdikti, Unit Utama Kemenristekdikti, Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian atau Lembaga Negara (K/L), Balitbang Daerah, BUMN, Industri, Pusat Unggulan Iptek (PUI) komunitas dan sosiasi, serta mitra luar negeri. Selain itu pada gelaran Ritech Expo tahun ini juga diselenggarakan seminar, demo produk inovasi, demo sains, temu bisnis, teater terbuka yang menyuguhkan live musik serta pemutaran film dan lomba-lomba dengan hadiah menarik. (Humas)

PetaIkonikUSU