MEDAN – HUMAS USU : Departemen Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara menggelar konferensi Internasional The 5th Friendly City International Conference 2019, di Grand Aston City Hall Medan, Kamis (12/9). Kegiatan dibuka oleh Gubernur Sumatera Utara yang diwakili oleh Kepala Balitbang Provinsi Sumatera Utara Ir H Irman, M Si. Turut hadir dalam kegiatan ini mewakili Rektor Universitas Sumatera Utara Sekretaris Universitas Dr dr Farhat, M Ked (O.R.L-H.N.S), Sp. T.H.T-K.L. (K.), Walikota Medan dalam hal ini diwakilkan oleh Sekretaris Daerah Kota Medan Ir Wirya Al-Rahman M.M, dan Dekan Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara, Ir Seri Maulina, M.Si., Ph.D.

Arsitek aGubernur Sumatera Utara dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Balitbang Provinsi Sumatera Utara Ir H Irman, M Si, mengapresiasi konferensi ini karena ada keinginan yang muncul untuk membayangkan kota masa depan dari perspektif budaya, komunitas dan lingkungan sebagaimana tajuk yang digelar dalam konferensi. Permasalahan budaya, komunitas dan lingkungan terlalu sering diabaikan dalam desain dan perencanaan kota.

Arsitek d“Dalam konferensi ini sangat layak dibahas tentang Kota Cerdas, yang dapat mengakomodir berbagai kelompok umur berbeda. Saya berharap, dalam konferensi ini akan lahir konsep – konsep yang dapat membuat kota-kota yang tidak hanya layak huni dalam hal teknologi dan infrastruktur, tetapi memanfaatkan infrastruktur untuk menghasilkan cara hidup yang lebih manusiawi, peduli, dan berdaya untuk semua generasi,” kata Gubernur.

Arsitek bSelaras dengan apa yang disampaikan oleh Gubsu, Rektor Universitas Sumatera Utara menambahkan dalam sambutannya yang disampaikan oleh Sekretaris Universitas Dr dr Farhat, M Ked (ORL-HNS), Sp THT-KL (K), bahwa Universitas Sumatera Utara mengapresiasi dan mendukung kinerja Departemen Arsitektur yang telah bersungguh-sungguh mengupayakan terwujudnya konferensi internasional ini. Mengingat terselenggaranya konferensi internasional, secara langsung tidak saja menjadi media transfer ide, pemikiran dan informasi terkini yang dimiliki oleh para narasumber, namun juga mampu mendongkrak peningkatan jumlah publikasi internasional yang dimiliki Universitas Sumatera Utara. Konferensi internasional juga diharapkan mampu melahirkan berbagai inovasi penting dan menciptakan semangat kebersamaan demi kepentingan umat manusia.

Arsitek cKegiatan ini menghadirkan keynote speakers dari manca negara yaitu Prof Marco Sala dari University of Florence Italy, Antonella Trombadore, Ph D, dari University of Florence Italy, Prof Badaruddin Mohamed dari University Sains Malaysia dan Prof M Nawawiy Loebis dari Universitas Sumatera. Ir Nurlisa Ginting, M Sc, Ph D dalam sambutannya mengatakan, sebanyak 324 abstrak telah didaftarkan kepada panitia konferensi dan 224 abstrak yang akan dipresentasikan. Partisipan yang mengikuti kegiatan datang dari berbagai negara yaitu Arab Saudi, Jerman, Malaysia, Italia dan seluruh Indonesia yang terdiri dari 24 universitas. Dalam tulisannya mereka mengusung isu-isu yang sedang hangat di masyarakat seperti Architectural Theory and Critic , Building Technology, Development Studies, Economic Growth and Development, Heritage and Built Environment, Human and Society, Organization and Management, Physical Environment, Quality of Life, Spatial Change and Geographic Information Technologies, Sustainable Built Environment, Town Planning, dan Urban Design. (Humas)

PetaIkonikUSU