MEDAN – HUMAS USU : Departemen Fisika F-MIPA Universitas Sumatera Utara menggelar The First International Conference on Physics and Apllied Physics (1st ICP&AP) yang berlangsung di Hotel Grandhika Medan, Kamis (12/9). Konferensi dibuka oleh Wakil Rektor II USU Prof Dr dr Muhammad Fidel Ganis Siregar, M Ked (OG), Sp OG (K). Adapun tema yang diusung yakni, “Fundamental and Innovative Research for Improving Competitive Dignified Nation and Industrial Revolution 4.0”.

ICP dDalam forum internasional tersebut, ada empat orang narasumber utama yang dihadirkan, yakni Prof Ming-Way Lee dari National Chung Hsing University Taiwan, Dr Inturu Omkaram Kyung Hee, M Sc, M Phill, Ph D, dari University South Korea, Prof Dr Nafisah Osman dari University Teknologi MARA Perlis Malaysia dan Dr Syahrul Humaidi, M Sc dari Universitas Sumatera Utara. Terlihat hadir dalam kesempatan itu, Dekan F MIPA Prof Dr Kerista Sebayang, MS dan Ketua Panitia 1st ICP&AP Prof Dr Timbangen Sembiring, M Sc.

ICP eWakil Rektor II USU mengapresiasi terselenggaranya konferensi internasional yang pertama kalinya diselenggarakan oleh Departemen Fisika itu. Ia mengingatkan kepada seluruh yang hadir tentang pentingnya peran inovasi dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia, juga peningkatan kualitas kehidupan di masa depan. Prof Fidel juga berharap konferensi dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam penambahan jumlah publikasi ilmiah dosen-dosen USU pada jurnal-jurnal ilmiah bereputasi.

ICP fNarasumber Prof Ming-Way Lee dari National Chung Hsing University Taiwan menampilkan paparan ilmiahnya yang berjudul Sequential Ionic Layer Adsorption Reaction (SILAR) A Facile, Low-cost Growth Method for Ternary Semiconductors for Solar Cells. Sedangkan Prof Dr Nafisah Osman dari University Teknologi MARA Perlis Malaysia, mengambil judul materinya Development of MSCF (M=La, Ba) Cathode Materials for Proton Conducting Fuel Cell Application. Materi Dr Inturu Omkaram Kyung Hee, M Sc, M Phill, Ph D, dari University South Korea berjudul Interlayer interactions in 2D van der Waals hetrostructures grown for high gain Phototransistors. Dan Dr Syahrul Humaidi dari USU mengetengahkan materi bertajuk Development of TI-2212 high temperature superconductors.

ICP gKonferensi internasional ini akan dilanjutkan dengan kegiatan tour ke berbagai destinasi budaya yang ada di Sumatera Utara, hingga tanggal 13 September 2019. (Humas)

PetaIkonikUSU