MEDAN – HUMAS USU : Universitas Sumatera Utara telah melakukan kunjungan ke Keele University, United Kingdom dan melakukan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) antar kedua universitas, Jum’at (13/9/2019). Delegasi Universitas Sumatera Utara terdiri atas Prof Dr Erman Munir, M Sc (Ketua Lembaga Penelitia USU, Departemen Biologi) dan Mohammad Basyuni, S Hut, M Si, Ph D (Ketua Pusat Unggulan Iptek Mangrove, Program Studi Kehutanan). Sementara dari Keele University diwakili Prof Jonathan Wastling, Executive Dean, Faculty of Natural Sciences (Microbiology) dan Prof Chris Fogwill, Director Institute for Sustainable Futures/Head of School, Geography, Geology, and Environmental Sciences (GGE, Glaciology).

Keele cMoU dilakukan oleh  Prof Erman mewakili USU dan Dr. Deirdre mewakili Keele University, yang ditandatangani secara simbolis di Sneyd Room, Keele Hall, Keele University. Realisasi dari MoU yang sudah ditandatangani, akan dilanjutkan dengan kegiatan penelitian bersama USU dan Keele University dalam bentuk skema PKLN, baik yang didanai oleh DRPM maupun dari dana internal USU.

Keele aDalam kesempatan itu, Prof Erman menyampaikan perkenalan melalui video profil USU edisi berbahasa Inggris dan capaian USU dalam tiga tahun terakhir, di mana USU mencapai berbagai lompatan prestasi yang membanggakan. Pada tahun 2019 ini, USU baru saja masuk ke dalam klaster I dan bertengger pada peringkat 13, naik dua tingkat dari tahun sebelumnya 2018 di peringkat 15.

Keele dSelanjutnya satu persatu staf akademik Keele University memperkenalkan tim risetnya dari GGE, yakni; Dr Helen Glanville, Lecturer in Physical Geography (Soil Biogeochemistry), Dr Sharon George, Senior Lecturer in Environmental Sustainability (Materials and Green Technology), Dr Ralf Gertisser, Research Director and Reader in Mineralogy and Petrology (Volcanology), Dr Ian Oliver, Senior Lecturer in Environmental Science (Environmental Chemistry), Dr Deirdre McKay, Internationalisation Director and Reader in Human Geography (Plastic waste), dan Dr Adam Moolna, Lecturer in Environmental Science (Conservation). Sedangkan dari Life Sciences; Dr Mirna Maarabouni, Internationalisation Director & Senior Lecturer in Bioscience (Molecular Cell Biology) dan Prof Toby Bruce, Professor of Insect Chemical Ecology (Applied Biology). Sambutan luar bisa diberikan oleh pihak Keele University kepada delegasi USU, antara lain dengan menyediakan jamuan buffet lunch halal.

Keele bProf Erman menyampaikan ucapan terima kasih kepada Rektor USU Prof Dr Runtung Sitepu, SH, M Hum, yang telah melaksanakan kunjungan ke Keele University sebelumnya. Tindak lanjut dari kunjungan tersebut telah menghasilkan joint research dan MOU untuk 5 tahun ke depan. Diskusi diakhiri dengan pemaparan Program Pasca Sarjana Keele University oleh Mr Adam Hall, Head of International Student Recruitment dan Dr Alexandra Lamont, Internationalisation Director, Faculty of Natural Sciences, Senior Lecturer in Music Psychology (Psychology). Dari pemaparan sepanjang diskusi tersebut juga dimungkinkan kerjasama di bidang akademik berupa pertukaran mahasiswa, summer course, dan lain-lain. (Humas)

PetaIkonikUSU