MEDAN – HUMAS USU : Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan salah satu bentuk dukungan institusi perguruan tinggi kepada masyarakat dalam proses pembangunan nasional, serta pengembangan ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi masyarakat luas. Institusi perguruan tinggi tidak dapat melepaskan diri dari tanggungjawab dan keikutsertaannya dalam pembangunan, yang tidak lain adalah bersinergi dan turut serta memberikan sumbangsih ilmu dan kemampuannya dalam pengabdian kapada masyarakat.

1 aHal tersebut disampaikan Wakil Rektor III USU Drs Mahyuddin KM Nasution, MIT, Ph D, di hadapan para peserta Focus Group Discussion Penyusunan Renstra USU 2020-2024, yang diselenggarakan pada Rabu (9/10/2019), di Ruang Senat Akademik Gedung Biro Pusat Administrasi USU. FGD menghadirkan narasumber tunggal Direktur Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Gadjah Mada ; Prof Ir Irfan Dwidya Prijambada, M Eng, Ph D, dan diikuti oleh para pimpinan fakultas, lembaga dan satuan unit kerja di lingkungan Universitas Sumatera Utara.

1 dLebih lanjut Wakil Rektor III menegaskan kembali bahwa kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat merupakan pelaksanaan pengamalan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni budaya langsung pada masyarakat secara kelembagaan melalui metodologi ilmiah, sebagai salah satu bentuk penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi serta tanggung jawab civitas akademika dalam upaya mengembangkan kemampuan masyarakat.

1 h“Melalui narasumber pada hari ini, semoga nantinya kita dapat banyak belajar dan mendapatkan pengetahuan serta informasi terkini untuk kian menyempurnakan sasaran dan strategi dalam melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat. Kita juga sangat mengharapkan dalam FGD nantinya akan terbangun diskusi yang interaktif dan terarah, sehingga mampu kian mempertajam dan memperkaya kemampuan kita semua dalam menindaklanjuti seluruh kegiatan pengabdian pada masyarakat yang telah dan akan dilakukan,” kata Drs Mahyuddin KM Nasution, MIT, Ph D.

1 iWarek III berharap dengan digelarnya FGD, maka akan semakin lengkap informasi yang bisa diserap untuk dikembangkan dalam penyelesaian penyusunan Renstra USU 2020-2024, yang muaranya adalah pada penguatan Universitas Sumatera Utara sebagai institusi pendidikan terpercaya di tengah masyarakat Sumatera Utara pada khususnya, dan masyarakat Indonesia pada umumnya. Hal itu juga dilakukan sebagai upaya untuk terus memperbaiki dan meningkatkan kualitas pendidikan dan layanan, menyongsong langkah USU menuju perguruan tinggi berstandar internasional.

1 fSementara itu, narasumber Prof Ir Irfan Dwidya Prijambada, M Eng, Ph D, menampilkan pemaparannya yang berjudul “Membangun Desa Menggapai Kelas Dunia”. Antara lain ia menyampaikan beberapa prioritas yang dilakukan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat, yakni penanganan masyarakat rentan, penyelamatan lingkungan kritis, penguatan dan pendayagunaan budaya dan sumber daya lokal serta penguatan kedaulatan bangsa.

1 cDisebutkannya, dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat, juga dibutuhkan dukungan korporasi dan keterlibatan birokrasi. Ia juga menampilkan beberapa contoh pengabdian masyarakat yang telah dilakukan oleh UGM berikut luaran yang telah didapatkan. (Humas)

PetaIkonikUSU