MEDAN – HUMAS USU : Universitas Sumatera Utara melalui Biro Sumber Daya Manusia melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Analisis Jabatan 2019 di lingkungan Universitas Sumatera Utara, yang diikuti oleh para unsur pimpinan rektorat, dekanat, lembaga dan satuan unit kerja yang ada di lingkungan USU, Kamis (10/10/2019).

SDM 2Kegiatan dibuka oleh Wakil Rektor II USU Prof Dr dr Muhammad Fidel Ganis Siregar, M Ked OG, Sp OG (K), dan diadakan di Ruang IMT-GT Universitas Sumatera Utara. Adapun narasumber yang dihadirkan adalah Tim Konsultan Analisa Jabatan dari Dunamis Human Capital yang dipimpin oleh Hedi Safinah.

SDM 8Sebelumnya, diterangkan Warek II dalam sambutannya, bahwa dalam rangka revisi organisasi dan tatalaksana Universitas Sumatera Utara, Majelis Wali Amanat (MWA) USU telah membentuk tim yang dipimpin oleh Prof Dr Ir Harmein Nasution, MSIE. Untuk mendukung pelaksanaan kegiatan tersebut, USU telah menunjuk konsultan yang akan melakukan Analisa Jabatan (Anjab). Salah satu tahapan dalam pelaksanaan Analisa Jabatan ini adalah melalui terlaksananya kegiatan FGD. 

SDM 3“Melalui FGD ini, sangat diharapkan bapak dan ibu semua dapat memberikan sumbang saran terkait kegiatan yang akan dilakukan. Pasca FGD, pihak konsultan akan melakukan pengumpulan data dan wawancara kepada beberapa pimpinan unit kerja, baik di Biro Rektor maupun di beberapa fakultas,” kata Prof Fidel Ganis.

SDM 6Dalam FGD antara lain dibahas tentang Jasa Konsultasi Penyusunan Struktur Organisasi yang Efektif. Menurut Hedi Safinah dari Dunamis Human Capital, membuat perubahan itu tidaklah mudah. Apalagi memastikan seluruh perubahan itu dapat berjalan dengan baik. Terlebih dalam struktur organisasi perusahaan. Tetapi ketika semua prosedurnya sudah dijalankan dengan tepat, maka akan menjadikan organisasi atau perusahaan tersebut berjalan dengan efisien dan efektif.

SDM 10Lebih lanjut Hedi memaparkan bahwa, kunci sukses dalam organisasi atau perusahaan adalah keterlibatan aktif dalam setiap kegiatan, memberikan masukan terbaik serta memberikan waktu. Pendidikan merupakan industri yang menarik karena jumlah penduduk dari waktu ke waktu meningkat dan kesadaran tentang pentingnya pendidikan tinggi untuk keberhasilan secara ekonomi juga meningkat.

SDM 9Tantangan utama dari perguruan tinggi saat ini disebutkan Hedi, sangat banyak. Di antaranya, tingkat penyerapan lulusan di pekerjaan, peningkatan ekspektasi, penerapan teknologi digital, persaingan dalam konteks global, subsidi anggaran dari pemerintah dan mendapatkan tenaga pengajar yang baik. Sementara kunci sukses dalam mengelola sebuah perguruan tinggi meliputi beberapa faktor, yakni ; mampu beradaptasi dengan revolusi industri 4.0, kemampuan mengelola solvabilitas keuangan, kolaborasi perguruan tinggi dan industri terkait, reputasi dan kualitas sumber daya serta kualitas pelayanan. (Humas)

PetaIkonikUSU