MEDAN – HUMAS USU : Penelitian merupakan salah satu unsur dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang harus dijalankan dengan bersungguh-sungguh. Penelitian juga merupakan indikator yang paling penting dan menentukan dalam penilaian kinerja suatu perguruan tinggi.

FG 1Demikian disampaikan Wakil Rektor I USU Prof Dr Ir Rosmayati Tanjung, MS, dalam Focus Group Discussion Penyusunan Renstra USU 2020-2024, bertempat di Ruang Senat Akademik Gedung Biro Pusat Administrasi Universitas Sumatera Utara, Rabu (16/10/2019). Hadir sebagai narasumber Direktur Penelitian Universitas Gadjah Mada, Prof Dr Mustofa, Apt, M Kes. Tema yang diusung adalah Strategi Meningkatkan Kualitas dan Produktivitas Penelitian.

FG 4Melalui penelitian, lanjut Warek I USU, ilmu pengetahuan dikembangkan untuk melahirkan inovasi, yang pada akhirnya akan bermuara pada pemenuhan kebutuhan manusia. Penelitian yang dilakukan para dosen pada hakikatnya memiliki nilai vital sebagai usaha memposisikan perguruan tinggi sebagai wadah yang melahirkan cendekiawan dan intelektual-intelektual yang menjamin perubahan positif dalam masyarakat dan pembangunan.

FG 5FGD berlangsung di Ruang Senat Akademik, Gedung Biro Pusat Administrasi Universitas Sumatera Utara dan dihadiri oleh para staf ahli dan tenaga ahli Rektor Universitas Sumatera Utara, para Dekan dan Wakil Dekan Fakultas di lingkungan Universitas Sumatera Utara, Ketua Tim Penyusun Renstra USU 2020-2024, Direktur dan Wakil Direktur Sekolah Pascasarjana USU dan para pimpinan lembaga serta satuan unit kerja di lingkungan USU.

 

Wakil Rektor 1 USU berharap, melalui narasumber semoga nantinya para peserta dapat banyak belajar dan mendapatkan pengetahuan serta informasi terkini untuk kian menyempurnakan sasaran dan strategi dalam melaksanakan serta meningkatkan kegiatan penelitian di Universitas Sumatera Utara. Tentu saja peningkatan yang diharapkan tidak hanya secara kuantitatif, melainkan juga dalam aspek kualitas penelitiannya.

FG 3“Kita juga sangat mengharapkan dalam FGD nantinya akan terbangun diskusi yang interaktif dan terarah, sehingga mampu kian mempertajam dan memperkaya kemampuan kita semua dalam melakukan kegiatan penelitian yang bermanfaat bagi masyarakat dan kemajuan ilmu pengetahuan sebagai wujud tanggungjawab intelektual kita,” kata Prof Rosmayati.

 

Direktur Penelitian Universitas Gadjah Mada, Prof Dr Mustofa, Apt, M Kes, dalam pemaparannya menyampaikan tentang strategi yang dapat diterapkan dalam mengembangkan kegiatan penelitian untuk mendukung kemajuan IPTEKS dan seni yang berbasis kekuatan lokal berwawasan global. Ia mengingatkan pentingnya koordinasi dengan unit-unit pelaksana dan penunjang kegiatan penelitian.

FG 2Lebih jauh ia juga menjabarkan kebijakan umum yang diterapkan Universitas Gadjah MAda dalam bidang penelitian, tujuan strategic, rencana induk penelitian, prioritas riset, serta sasaran dan program kerja penelitian. Tak hanya itu, Prof Mustofa juga menerangkan berbagai kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan penelitian di UGM. (Humas)

PetaIkonikUSU