MEDAN-HUMAS USU : Universitas Sumatera Utara (USU) berusaha untuk selalu berkontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Setiap tahun melalui Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM), USU membiayai kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) sebagai penyebaran hasil-hasil penelitian dan ilmu pengetahuan (iptek) dengan dana hibah yang dilakukan oleh dosen-dosennya termasuk dosen Fakultas Pertanian USU.

 

Salah satu kegiatan PkM Non PNBP tahun 2019 yang didanai untuk skim dosen muda yaitu IbM (Ipteks bagi Masyarakat) Industri Rumah Tangga Produk Bakery dan Minuman (Sirup). Tim Pelaksana adalah dosen Pertanian dari dua bidang ilmu yaitu Ilmu dan Teknologi Pangan dan Agribisnis (Era Yusraini, S TP, M Si, RB,  Moh Ibrahim Fatoni, S Pi, MP dan Prof Dr Ir Zulkifli Lubis, M App Sc). Mitra pengabdian yang bekerjasama yaitu pemilik IRT yang memproduksi produk bakery terutama brownies dan minuman sirup lemon. Tempat produksi mitra berlokasi di tempat tinggal pemilik usaha yaitu Ibu Susi Aisyah, SP, di Desa Namorambe Kecamatan Deli Serdang yang berjarak ±12 kilometer dari kampus USU. Mitra yang mulai merintis usahanya pada tahun 2017 itu telah memiliki nama usaha yaitu Brownies Teh Usee.

Sirup 1Manfaat yang dirasakan mitra setelah pelaksanaan PkM mulai bulan Juli sampai November 2019 yaitu adanya perbaikan dari sisi proses produksi dan pembukuan usaha. Sebelum pelaksanaan PkM, Mitra mengalami masalah keterbatasan produksi karena hanya memiliki mixer berkapasitas kecil (1,5 L) dan minim pengetahuan cara membuat pembukuan usaha sehingga tidak memahami perkembangan usahanya. Pada akhir kegiatan PkM, Mitra memperoleh hibah mixer kapasitas besar (20L) yang tidak hanya sangat membantu untuk mempercepat proses pengolahan, namun juga menambah diversifikasi olahan bakery yang dapat diproduksi antara lain donut, roti, pizza dan sebagainya yang masih mungkin dapat terus bertambah jenisnya. Lebih lanjut mitra juga memperoleh pengetahuan pembukuan usaha dan telah dapat menggunakan aplikasi pembukuan berbasis online (android) sehingga memudahkan pencatatan. Tim pelaksana juga telah melakukan analisis mutu sirup lemon milik mitra dan melakukan transfer ilmu pengetahuan terkait higiene pembuatan sirup lemon tersebut. Selama pelaksanaan PkM, mitra sangat aktif berpartisipasi sehingga membantu kelancaran kegiatan terutama pelatihan penggunaan mixer dan pembukuan usaha.

 

Kegiatan PkM yang telah selesai pelaksanaannya berjalan sesuai target rencana awal. Perbaikan peralatan produksi dipercaya dapat membantu mitra menambah laba usaha. Selanjutnya pelatihan pembukuan usaha diperkirakan dapat membantu mitra untuk pengembangan usahanya menjadi lebih baik. Akhirnya, kegiatan PkM diharapkan dapat membantu mitra menaikkan tingkat kesejahteraannya di masa mendatang. (Humas)

PetaIkonikUSU