MEDAN – HUMAS USU : Universitas Sumatera Utara mengadakan Pekan Pameran Inovasi dan Kreativitas Mahasiswa Nasional (PIKMN) 2019 USU, bertempat di selasar Auditorium USU. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Biro Kemahasiswaan dan Kealumnian USU ini digelar selama dua hari, 28 hingga 29 November 2019.

KM 6Pekan Pameran Inovasi dan Kreativitas Mahasiswa Nasional merupakan kegiatan yang telah berlangsung ke-2 kalinya. Hadir dalam kegiatan ini, Rektor Universitas Sumatera Utara Prof Dr H Runtung Sitepu, SH, M Hum, Wakil Rektor I Prof Dr Ir Rosmayati, MS, Wakil Rektor III Drs Mahyuddin KM Nasution, MIT, Ph D, Wakil Rektor V, Ir Luhut Sihombing, MP, Ketua Student Enterpreneurship Center Buchari, ST, M Kes, Kepala Pusat Jasa Ketenagakerjaan USU Prof Dr Ir Farel Hasiholan Napitupulu, DEA, para Dekan dan wakil dekan Universitas Sumatera Utara, serta turut hadir Staf Khusus Kementerian BUMN bidang Komunikasi Publik, Arya Mahendra Sinulingga.

KM 3Ketua Panitia Kegiatan Dr Budi Utomo, SP, MP, melaporkan bahwa pada tahun lalu PIKMN masih berskala wilayah, namun tahun ini PIKMN ditingkatkan menjadi berskala nasional.  PIKMN 2019 mengusung tema “Inovasi dan Kreativitas Mahasiswa menuju Indonesia Emas 2045”. PIKMN 2019 diikuti oleh 45 tim yang terdiri atas 12 tim dari kampus luar Sumatera Utara yaitu perwakilan Jawa dan Makassar yakni ITB, IPB, UGM, UAD, UNIB, UNNES, UNDIP, UNEJ, UNRI DAN UNISMUH. Dua tim berasal dari Universitas Negeri Medan dan 31 tim dari USU. PIKMN juga memiliki rangkaian acara lainnya yakni Lomba Karya Tulis Ilmiah yang diikuti oleh 15 tim, Lomba Poster Ilmiah dan Promosi  yang diikuti oleh 79 tim, serta Lomba Fotografi yang diikuti 72 tim. Kegiatan penjurian dilakukan dari tanggal 27 November dan akan berakhir pada tanggal 29 November 2019 serta melibatkan juri lokal maupun nasional. Kegiatan ini bekerjasama dengan Pusat Jasa Ketenagakerjaan (PJK) dan Student Enterpreneurship Center ( SEC ) yang menyelenggarakan 2 kegiatan lain yaitu Job Fair dan Expo Kewirausahaan secara terintegrasi.

KM 4Ketua Pusat Jasa Ketenagakerjaan USU Prof Dr Ir Farel Hasiholan Napitupulu, DEA, pada sambutannya menyebutkan 32 perusahaan turut ambil bagian untuk memamerkan produk serta 10 stand wirausaha unggulan dari SEC. Dalam kegiatan ini juga diadakan job fair yang akan langsung mewawancarai calon pegawai baru.

KM 9Rektor Universitas Sumatera Utara mengingatkan USU sebagai tuan rumah untuk memperhatikan hospitality tamu-tamu dari berbagai universitas. Kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan ikatan persaudaraan antar universitas yang terlibat. Rektor juga berterimakasih kepada panitia yang sudah bekerjakeras untuk terlaksananya kegiatan ini. Kegiatan dilanjutkan dengan pemotongan pita dan visitasi ke pameran di selasar Auditorium USU oleh Rektor USU beserta tamu yang hadir. (Humas)

PetaIkonikUSU