MEDAN – HUMAS USU : Universitas Sumatera Utara melalui Biro Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Kerjasama USU mengadakan Pelatihan Penulisan Buku Chapter 2019, bertempat di Hotel Grandhika Medan, Jum’at (29/11). Di hari dan tempat yang sama juga digelar Pelatihan Editor Konferensi Internasional Bereputasi. Kedua acara tersebut dibuka oleh Wakil Rektor III USU Drs Mahyuddin KM Nasution, MIT, secara resmi mewakili Rektor USU.

CP aNarasumber yang dihadirkan dalam Pelatihan Penulisan Buku Chapter 2019, antara lain Wakil Rektor III USU  Drs Mahyuddin KM Nasution, MIT, yang mengetengahkan pembahasan berjudul Penulisan Book Chapter Konferensi. Ir Diana Chalil, M Si, Ph D, dengan pembahasan berjudul Sharing Experience ; Penulisan Regular Book Chapter. Fithra Faisal Hastiadi, Ph D, mengambil topic bahsan tentang Metode Penulisan Book Chapter.

CP fSementara untuk kegiatan Pelatihan Editor Konferensi Internasional Bereputasi, antara lain tampil sebagai pembicara Wakil Rektor III USU Drs Mahyuddin KM Nasution, MIT, dengan bahasan  Kebijakan Pelaksanaan Konferensi di USU. Manajemen Konferensi Nasional dan Internasional di USU Sesuai Dengan Standar yang berlaku oleh Onrizal, S. Hut, M Si, Ph D. Mekanisme Pengajuan dan Proses Pelaksanaan Konferensi Nasional dan Internasional di USU oleh Prof Dr Eng Himsar Ambarita, MT. Ketentuan dan Aturan Plagiarisme pada suatu Publikasi Ilmiah di Konferensi oleh Romi F Rahmat, B Comp Sc, M Sc. Mekanisme Submit Publikasi Ilmiah Konferensi ke Publisher dan Temuan Publisher Atas Publikasi yang Di-Submit oleh Riswanti Sigalingging, STP, M Si, Ph D. Tata Kelola Publikasi Ilmiah Berbasis Daring di Konferensi Nasional dan Internasional USU Menggunakan Open Conference System (OCS) oleh Ainul Hizriadi, S Kom, M Sc.

CP bDua kegiatan tersebut diikuti oleh para dosen dan peneliti selingkung Universitas Sumatera Utara, serta beberapa perwakilan peserta dari lembaga penelitian serta lembaga-lembaga terkait lainnya. Kegiatan berlangsung dari pagi hingga sore hari.

CP iMenurut Wakil Rektor III USU, dengan terlaksananya dua kegiatan yang berhubungan dengan pelaksanaan konferensi dan peningkatan keterampilan membuat tulisan serta buku itu, diharapkan para dosen dan peneliti selingkung USU dapat memacu kreativitasnya untuk melahirkan karya-karya terbaik. Tidak hanya itu, peningkatan keterampilan menulis buku juga diharapkan dapat mendongkrak jumlah publikasi ilmiah para dosen USU pada jurnal-jurnal ilmiah bereputasi. Dampak positifnya juga akan serta merta meningkatkan laju kinerja universitas dalam daftar pemeringkatan perguruan tinggi yang diinisiasi oleh Kemenristek, maupun lembaga-lembaga lainnya. (Humas)

PetaIkonikUSU