MEDAN – HUMAS USU : Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara berhasil menyabet 11 medali emas, 12 medali perak dan 13 medali perunggu, dari seluruh perolehan medali dalam USU Games 2019.  Atas perolehan tersebut Fakultas Teknik mendapatkan gelar juara umum sekaligus juara pertama yang diumumkan dalam malam Keanugerahan Mahasiswa USU 2019, di Auditorium USU, pada Sabtu (30/11/2019) malam. Untuk itu, Fakultas Teknik USU berhak memboyong Piala Rektor yang diserahkan langsung oleh Rektor USU Prof Dr Runtung Sitepu, SH, M Hum, kepada Dekan Fakultas Teknik USU Ir Seri Maulina, M Sc, Ph D, serta hadiah uang.

Games bGelar runner up diraih oleh Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (F-MIPA) yang pialanya  diserahkan Rektor kepada Dekan F-MIPA Prof Dr Kerista Sebayang, MS dan juara ketiga diduduki oleh Fakultas Pertanian yang pialanya juga diterima oleh Dekan Dr Ir Hasanuddin, MS. Menyambut pengumuman juara tersebut, suasana Auditorium USU sontak bergemuruh oleh sorak-sorai para mahasiswa yang gembira menyambut kemenangan kontingennya. Khususnya para mahasiswa Fakultas Teknik yang mendapatkan banyak gelar juara dalam berbagai bidang olahraga dan kegiatan yang diperlombakan dalam USU Games 2019.

Games iTurut hadir dalam kesempatan itu, Wakil Rektor I USU Prof Dr Ir Rosmayati Tanjung, MS, para Dekan selingkung USU, Ketua Dharma Wanita Persatuan USU, Ketua Panitia USU Keanugerahan Mahasiswa, Ketua Panitia USU Games, para staf ahli dan tenaga ahli Rektor USU, para Wakil Dekan, Ketua Prodi dan Kepala Biro. Keanugerahan Mahasiswa 2019 merupakan kegiatan yang diprakarsai oleh Biro Kemahasiswaan dan Kealumnian USU. Keanugerahan Mahasiswa ini digelar sebagai salah satu bentuk dukungan dan apresiasi universitas kepada para mahasiswa/i  USU yang telah meraih juara dalam berbagai bidang kompetisi di tingkat nasional dan internasional.

Games fSelain gelar yang diraih dalam USU Games 2019, pada malam itu juga turut diumumkan juara I Kategori Individu dan kelompok Nasional, juara I Kategori Individu dan kelompok Internasional, serta apresiasi Fakultas dan PEMA dengan prestasi mahasiswa terbanyak.

Games eDalam sambutannya, Wakil Rektor I USU menyampaikan laporan tahunannya terkait aktivitas dan pencapaian prestasi para mahasiswa USU yang dinilai dalam rentang waktu dari 17 Agustus 2018 hingga November 2019. Sepanjang waktu itu, USU telah membukukan sebanyak 444 prestasi di tingkat nasional dan internasional.

Games gLebih lanjut Prof Rosmayati memaparkan bahwa dalam penyelenggaraan USU Games 2019 ini, diperlombakan 16 cabang olahraga dan 21 bidang lomba dengan 70 kategori. Jumlah medali yang tersedia terdiri dari 70 medali emas, 70 medali perak dan 70 medali perunggu. Kegiatan yang memakan waktu pelaksanaan selama satu bulan ini melibatkan 2.023 peserta, 50 orang panitia dari PEMA USU dan 90 pengurus UKM selingkung USU.

Games a“Hasil yang kita peroleh dari pelaksanaan USU Games ini adalah bermunculannya bibit-bibit berpotensi untuk dibina dan dikembangkan menjadi atlit-atlit yang berprestasi. Begitupula dengan intelektual-intelektual muda dan seniman-seniman yang dapat mengharumkan nama USU, baik di tingkat nasional, maupun internasional,” kata Prof Rosmayati.

Games fAdapun bidang lomba yang diusung dalam USU Games 2019 adalah bulutangkis, komik strip, animasi, karate, bola voli, tenis meja, tenis lapangan, catur, basket, debat bahasa inggris, debat bahasa Indonesia, taekwondo, pencak silat, PUBG mobile, mobile legend, PES 2019, futsal, tari kreasi, vocal solo, paduan suara, akustik, duta mahasiswa dan panahan.

Games cSementara Rektor USU dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaannya kepada seluruh mahasiswa/i USU yang telah mengharumkan nama USU di kancah nasional dan internsional. Ia menegaskan bahwa ia selaku pimpinan USU tetap mendukung seluruh langkah dan aktivitas positif yang dilakukan oleh para mahasiswa/i USU dalam berbagai kompetisi. Bahkan ia telah mempergunakan lebih dari 50 persen dana anggaran operasional Rektor untuk kepentingan anak-anak mahasiswa/i yang meraih juara di berbagai bidang.

Games dRektor berharap agar seluruh pencapaian itu mampu mendongkrak peringkat USU dalam berbagai jenis pemeringkatan universitas, baik yang dilakukan oleh Kemenristekdikti maupun lembaga lainnya, baik di dalam maupun luar negeri. (Humas)  

PetaIkonikUSU