MEDAN – HUMAS USU : Dalam rentang waktu dari 17 Agustus 2018 hingga November 2019, Universitas Sumatera Utara telah membukukan sebanyak 444 prestasi di tingkat nasional dan internasional. Demikian disampaikan Wakil Rektor I USU, Prof Dr Ir Rosmayati, MS, ketika menyampaikan laporan tahunannya terkait aktivitas dan pencapaian prestasi para mahasiswa USU dalam acara Keanugerahan Mahasiswa di Auditorium USU, Sabtu (30/11) malam.

Lap aMenurut Wakil Rektor I USU, pencapaian prestasi mahasiswa USU semakin baik setiap tahunnya. Di mana pada tahun 2018 prestasi mahasiswa USU di tingkat nasional sebanyak 254 prestasi dan untuk tingkat internasional sebanyak 70 prestasi. Sementara pada tahun 2019 hingga November tercatat raihan 231 prestasi nasional dan 86 prestasi tingkat internasional.

Lap dSecara rinci dapat disampaikan bahwa pada tahun 2018, tercatat ada 36 medali emas, 52 medali perak, 38 medali perunggu dan 12 gelar the best/best of the best yang diraih di tingkat nasional. Sementara di tingkat internasional, berhasil diraih 9 gold medal, 7 silver medal, 12 bronze medal dan 2 predikat the best.

Lap bUntuk tahun 2019, hingga November 2019, telah diraih 80 medali emas, 49 medali perak, 58 medali perunggu dan 14 gelar the best/best of the best di tingkat nasional. Sementara di tingkat internasional, berhasil diraih 24 gold medal, 12 silver medal, 16 bronze medal dan 22 gelar the best/best of the best.

Lap eProf Rosmayati melanjutkan, prestasi nasional yang diraih mahasiswa USU  berasal dari kompetisi/kejuaraan yang diselenggarakan oleh Dikti dan Non Dikti. Yang diselenggarakan Dikti di antaranya, Olimpiade Nasional MIPA Perguruan Tinggi, National University Debating Championship, Pemilihan Mahasiswa Berprestasi, Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia, Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia, Program Hibah Bina Desa, Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa Nasional, Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional, Kontes Robot Indonesia, Kontes Mobil Hemat Energi dan Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional. Sementara yang non dikti adalah IMTGT Varsity Carnival, LKTI Nasional, Business Plan, Olahraga, Paduan Suara, dll.

Lap f“Pencapaian prestasi mahasiswa diperoleh melalui berbagai upaya yang telah dilakukan oleh Biro Kemahasiswaan dan Kealumnian, dengan didukung 14 unit yang ada di bawahnya dan 39 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM),” kata Prof Rosmayati.

 

Adapun kegiatan kemahasiswaan yang dilakukan BKK di antaranya adalah ; Workshop Program Kreativitas Mahasiswa, Pembekalan Peserta On MIPA, Pembekalan PEserta Pilmapres, PElatihan Peserta PIMNAS, Pelatihan Softskills, Pelatihan Bagi Peserta MTQMN dan Pembinaan bagi UKM selingkung USU.

Lap h“Kita berharap, semoga dengan adanya kegiatan-kegiatan kemahasiswaan yang dilaksanakan secara berkesinambungan di setiap tahunnya, dapat lebih memotivasi dan meningkatkan kualitas serta daya saing mahasiswa dalam berkompetisi. Sehingga semakin banyak jumlah prestasi yang diraih mahasiswa USU,” lanjut Warek I USU.

Lap cTidak hanya BKK, fakultas-fakultas juga ikut mendukung kegiatan kemahasiswaan. Sepanjang 2019 telah dilaksanakan 10 kegiatan kemahasiswaan oleh fakultas-fakultas selingkung USU.

 

Sementara itu, untuk perolehan Paten bagi mahasiswa USU, pada tahun 2019 ini telah diraih 12 Paten dari Program Kegiatan Mahasiswa (PKM) pendanaan tahun 2018. Selain itu, pada tahun 2019, 5 Tim PKM yang menjadi finalis PIMNAS juga telah mengusulkan Paten. Sedangkan 32 tim mahasiswa USU lainnya berpotensi juga untuk mengusulkan Paten.

Lap g“Semoga hal ini dapat menjadi motivasi bagi anak-anak kami para mahasiswa/I USU untuk dapat lebih berperan aktif dalam berinovasi dan berprestasi, baik di tingkat nasional maupun internasional,” harap Prof Rosmayati, menutup laporan tahunannya. (Humas)

PetaIkonikUSU