MEDAN-HUMAS USU : Ikatan Alumni ITB Sumut mempersembahkan Seminar Nasional bertajuk “Mewujudkan Kemandirian Bangsa dan Negara Menuju Indonesia Maju” sebagai kontribusi nyata untuk Sumatera Utara dan Indonesia. Seminar bertempat di Ruang IMT-GT Gedung Biro Pusat Administrasi USU, dan dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor II USU Prof Dr dr Muhammad Fidel Ganis Siregar, M Ked (OG), S Ked OG (K), Kamis (28/11/2019).

ITB pTurut hadir dalam kesempatan itu, sejumlah narasumber seminar, yakni ; Arya Mahendra Sinulingga, ST (Staf Khusus Menteri BUMN), Arie Prasetyo, ST  (Direktur Badan Otorita Danau Toba), Ir Nurlisa Ginting, M Sc, Ph D (USU), Soeharwinto, ST, MT, Dr Syafrizal Helmy Situmorang, SE, M Si, Ir H Wiriya Al Rahman, MM (Sekda Kota Medan), M Syafri Lubis, ST, M. Com, Ing Heri Pranoto, ST, Hokkop Situngkir, ST, Ir Fahmi, M Sc, Ph D, Ferro Feriska Aryananda, ST, M Sc, MBA dan Borys Hasian.

ITB zDalam sambutannya, Warek II USU menitipkan harapan, bahwa akan ada pemikiran-pemikiran baik yang bermanfaat untuk meneruskan laju pembangunan bangsa dalam seminar. Selain itu juga dapat memperkuat rasa kebangsaan dan mewujudkan kebersatuan dalam merancang Sumut bahkan Indonesia yang lebih baik dan maju, sehingga mampu menjawab seluruh tantangan zaman yang ada.

ITB wWarek II juga menyinggung tema seminar yang mengangkat persoalan keterbukaan informasi dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 dan Indonesia Next Leader. Ia memandang kesemuanya adalah tema-tema bahasan yang cukup kuat dan bernas menampilkan itikad para penggagas, pemateri dan peserta yang ada, sebagai kaum intelektual yang peduli terhadap masa depan bangsa.

ITB o“Dengan demikian, adalah baik bila nantinya seluruh hasil pemikiran dan sharing informasi yang terjalin di dalam ruangan ini, mampu disimpulkan dalam sebuah dokumen ilmiah yang bisa diberikan kepada pemerintah. Hal itu bermanfaat sebagai sebuah rujukan atau bahan pertimbangan dalam membuat kebijakan-kebijakan terkait hajat hidup rakyat Indonesia, peningkatan partisipasi pembangunan serta menegakkan keadilan dan pemerataan hasil-hasil pembangunan bagi semuanya,” kata Warek II USU.

ITB rSeminar diikuti oleh para alumni ITB yang berasal dari Sumatera Utara. Beberapa di antaranya merupakan dosen-dosen dan staf ahli Rektor USU, serta sejumlah alumni yang telah menduduki berbagai jabatan strategis di pemerintahan dan berbagai lembaga lainnya. (Humas)

PetaIkonikUSU