MEDAN – HUMAS USU : Dalam rangka meningkatkan keterampilan berinteraksi dengan orang lain, menafsirkan, menganalisis, dan mengevaluasi teks, Kantor Humas, Promosi dan Protokoler Universitas Sumatera Utara mengadakan Kegiatan Workshop Literasi Sekretariat. Workshop  bertempat di Ruang IMT-GT Gedung Biro Pusat Administrasi USU lantai 2, Jumat (29/11). Dihadiri oleh Kepala Sub Bagian setiap fakultas dan unit kerja selingkung Universitas Sumatera Utara. Sekretaris Universitas Sumatera Utara Dr dr Farhat, M Ked (ORL-HNS), Sp THT-KL(K) mewakili Rektor USU, membuka secara resmi pelaksanaan kegiatan. Turut hadir Kepala Balai Bahasa Sumatera Utara  Dr Maryanto M Hum dan Kepala Kantor Humas, Promosi dan Protokoler Universitas Sumatera Utara Elvi Sumanti ST, M Hum, serta berlaku sebagai narasumber Dr Rosliani, SS, M Hum, dari Balai Bahasa Sumatera Utara.

Literasi bSekretaris Universitas Sumatera Utara Dr dr Farhat, M Ked (ORL-HNS), Sp THT-KL(K), menyambut baik kegiatan ini karena bersinggungan langsung dengan kegiatan rutin universitas yaitu membuat surat maupun laporan. Ia mengharapkan, agar apa yang didapat pada kegiatan ini menjadi bekal yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari – hari.

Literasi aDalam kesempatan ini, Ketua Panitia Kegiatan Thalita Eka Kharisma, SE, menyampaikan bahwa 65 orang peserta turut hadir dalam kegiatan. Terdiri dari perwakilan kepala sub bagian 15 Fakultas, 1 Sekolah Pasca sarjana dan masing – masing unit yang ada di Biro Rektor USU. Narasumber yang dipilih dalam workshop yaitu Peneliti Ahli Muda di Balai Bahasa Sumatera Utara Dr Rosliani, SS, M Hum, dengan materi Bahasa Indonesia sebagai Penghela Pembangunan Manusia.

Literasi gDr Rosliani, SS, M Hum, memaparkan dengan jelas bagaimana penggunaan bahasa Indonesia yang kurang tepat dalam kehidupan sehari – hari. Ia juga memaparkan sejarah terbentuknya bahasa Indonesia, serta fenomena akan diangkatnya bahasa Melayu sebagai bahasa Internasional. Tidak hanya itu, narasumber juga mengangkat contoh kasus yang sedang hangat di tengah masyarakat saat ini, yaitu kasus Agnes Monica yang menganggap dirinya tidak berdarah Indonesia. Di dalam pelaksanaan workshop, narasumber juga memberikan pertanyaan kepada peserta dan menghadiahkan beberapa buku sebagai hadiah untuk peserta yang mampu menjawabnya.

Literasi cAntusiasme peserta dapat terlihat dari aktifnya peserta pada sesi tanya jawab seusai pemaparan materi. Pertanyaan menarik yang ditanyakan oleh salah seorang peserta mengenai format penulisan surat resmi yang benar. Pemateri mengatakan bahwa untuk penulisan surat resmi tidak terpaku pada sesuatu yang baku namun dapat mengikuti peraturan penulisan selingkung Universitas Sumatera Utara. Hadir di tengah sesi tanya jawab Kepala Balai Bahasa Sumatera Utara  Dr Maryanto, M Hum, yang menambah wawasan mengenai literasi. Kegiatan ini dilanjutkan dengan praktik bagaimana menulis surat dinas yang baik dan benar.

Literasi iMenutup Workshop Literasi, Kepala Kantor Humas Promosi dan Protokoler Elvi Sumanti, ST, M Hum, menyampaikan terima kasih kepada peserta yang sudah antusias mengikuti kegiatan ini. Kahumas juga berterimakasih kepada narasumber yang sudah membagikan ilmunya kepada peserta. Dengan kegiatan ini, diharapkan semoga pemahaman berbahasa di lingkungan Universitas Sumatera Utara menjadi lebih baik, dan kegiatan ini akan diagendakan menjadi kegiatan rutin kantor Humas Promosi dan Protokoler. (Humas)

PetaIkonikUSU