MEDAN-HUMAS USU : Wakil Rektor V Universitas Sumatera Utara Ir Luhut Sihombing, MP, hadir mewakili Rektor dalam deklarasi dan penandatanganan komitmen bersama Medan Bebas Banjir 2022 oleh Gubernur Sumut H Edy Rahmayadi dan Plt Wali Kota Medan Ir H Ahyar Nasution, M Si, Minggu (22/12), yang berlokasi di kawasan Lapangan Merdeka Medan. Terlihat hadir Kasdam I Bukit Barisan Brigjen TNI Untung Budiharto, Sekdaprovsu Hj Sabrina, Wakil Bupati Deliserdang Drs HM Ali Yusuf Siregar MAP, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provsu Dr H Riadil Akhir Lubis MSi serta sejumlah pejabat pemerintahan Sumut dan menghadiri Deklarasi dan Sosialisasi Mitigasi Medan Bebas Banjir 2022, Minggu (22/12).

Banjir 6Kegiatan deklarasi ini dilanjutkan dengan sosialisasi yang melibatkan para pemuka masyarakat dan penggiat kemanusiaan, kebencanaan, sosial dan lingkungan, dilakukan dengan menyusuri Sungai Babura dan Taman Beringin. Dalam penyusuran, Gubsu, Warek V USU dan rombongan menumpang kapal boat dari dermaga Go River di Taman Avros Medan.

Banjir 3Gubernur dalam penandatanganan komitmen bersama menuliskan satu pesan moral, yakni; “Kita jaga Sumut untuk bermartabat’’

Banjir 4Pada acara tersebut juga dikukuhkan tim Patroli Sungai dan Sampah, penyerahan blue print Medan Bebas Banjir 2022, penyerahan bibit tanaman kepada penggiat sungai serta pemberian tong sampah dan alat kebersihan. Blue print Medan Bebas Banjir 2022 diberikan Gubsu kepada Plt Wali Kota Medan, Wakil Bupati Deliserdang, Kodam I BB, Poldasu, Rektor USU, BWSS II dan PT KIM. Gubsu, Warek V bersama rombongan lain juga meluangkan waktu untuk meninjau kegiatan donor darah. Gubsu juga hadir dalam gelar diskusi dengan tim konsultan proyek dan ahli dari Kitakyushu University Jepang, bertempat di Taman Beringin Medan.

Banjir 2Dalam sambutannya, Gubsu menegaskan keberadaan Kota Medan sebagai wajah Sumut. “Kalau alam kita jaga, maka alam akan menjaga kita. Sungai adalah salah satu sumber kehidupan. Maka menjadi kewajiban kita bersama untuk menjaga agar sungai-sungai tetap bersih dan terjaga,’’ tegas Gubernur.

Banjir 9Pasca deklarasi, Gubsu mengingatkan masyarakat dan semua instansi terkait untuk menjaga sungai terutama lima sungai yang membelah Kota Medan yakni Sungai Deli, Sungai Babura, Sungai Sikambing, Sungai Belawan dan Sungai Percut. Demikian pula anak sungai lainnya.

Banjir 10“Medan bersih maka Sumut akan bermartabat. Kita tanam pohon, kita budayakan hidup bersih, kita juga akan kembalikan Lapangan Merdeka menjadi milik rakyat,’’ kata Gubsu. (Humas)

PetaIkonikUSU