MEDAN-HUMAS USU : Dalam rangka penanggulangan banjir dan masalah lain yang timbul di daerah sekitar aliran sungai, Tim JICA dan Kitayushu University melakukan susur sungai Deli bersama BPBD Provinsi Sumatera Utara. Kegiatan yang berlangsung pada Sabtu (21/12/2019) dimulai dari aliran Sungai Deli di kawasan Titi Kuning hingga ke Belawan. Adapun tujuan dari penyusuran sungai ini adalah untuk mengetahui kondisi terkini Sungai Deli yang menjadi sumber banjir di kota Medan. Tindak lanjutnya ke depan akan dilaksanakan program-program yang memberi manfaat bagi masyarakat sekitar sungai. Universitas Sumatera Utara yang turut memfasilitasi kegiatan tersebut diwakili oleh Wakil Rektor IV USU Prof Dr Ir Bustami Syam, MSME. 

JICA 10Sebelum pelaksanaan susur sungai Deli, pada 18 Agustus 2019, bertempat di Ruang Rapat Senat Akademik Gedung BPA Universitas Sumatera Utara, Tim JICA memaparkan hasil studi banding mereka yang telah dilakasanakan di Kitayushu Jepang. Kitayushu yang dipilih sebagai percontohan merupakan salah satu kota ramah lingkungan sedunia.

JICA 3Tim JICA terdiri dari Steering Committee di antaranya dr T Kemala Intan, M Pd, M Biomed dari Fakultas Kedokteran USU, Rismawati, ST, M Si, dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumut dan Mukhlis, S.Pd, dari Dinas Pendidikan Provinsi Sumut. Working Group hadir antara lain Darmawan Sriyanto, SE, M Si, Ak, dari Yayasan Pendidikan Graha Kirana, Eva Amanda Syah Isa, S Pt, M Si, dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Medan, Hendro David Patar Sibagariang, S ST, dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumut, Ir Maya Sarah, ST, MT, Ph D, IPM (Fakultas Teknik USU), Drs R Zuhri Bintang, MAP, Febriani Tri Dewi Bangun dan M Basir Hasibuan, M Pd (Dinas Pendidikan Provsu), Dr rer medic dr M Ichwan, M Sc (Fakultas Kedokteran USU), Maraghi Muttaqin, ST, MT (Fakultas Teknik USU), Dr dr Noni Novisari Soeroso, Sp P(K) (Fakultas Kedokteran USU), Akmal Syahputra, ST, MH (Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumut), Novrida Harpah Hasibuan (Fakultas Teknik USU), Saur M N Pangaribuan, SE, M Si, (DLH Kabupaten Deli Serdang), Elinasari Nasution (DLH Kabupaten Deli Serdang), Ilham Nur, SE, MM (DLH Kota Medan), Baharudin Harahap (DKP Kota Medan), Prof Dr Eng Ir Irvan, M Si, (Fakultas Teknik USU), Hafizul Khair AM, Dr Eng (Fakultas Teknik USU), Freddy Saragih, SKM (DLH PROVSU) dan Rona (DLH PROVSU).

JICA 9Sementara itu, tim dari Kitayushu University terdiri dari Prof Toru Matsumoto, Indryani Rachman, Ph D, Airii Kaneko Nakayama dan Hiroyoshi Kumano. Universitas Sumatera Utara dalam kegiatan ini merupakan mitra JICA yang siap untuk membantu dan memfasilitasi proyek JICA Partnership Program (JPP) sebagai institusi pendidikan/ universitas yang sudah menerapkan program green campus.

JICA 11Wakil Rektor IV USU Prof. Bustami Syam, MSME, begitu antusias mengikuti kegiatan susur sungai dan melihat langsung keadaan sungai Deli sampai pada pemberhentian pada aliran Sungai Deli di kawasan jalan Marelan. Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Sumatera Utara ikut mendukung dengan menyediakan fasilitas perahu, pelampung dan peralatan penyusuran sungai lainnya. (Humas)

PetaIkonikUSU