MEDAN – HUMAS USU : Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Prof Dr H Runtung Sitepu, SH, M Hum, meresmikan Masjid Al-Ikhlas yang berada di lingkungan Fakultas Kedokteran Gigi USU, Selasa (14/1). Turut hadir dalam kesempatan itu Wakil Rektor I Prof Dr Ir Rosmayati, M S, Wakil Rektor IV Prof Dr Ir Bustami Syam, M S M E, Dekan Fakultas Kedokteran Gigi USU Dr Trelia Boel, drg., M Kes., Sp RKG (K), para dekan dan wakil dekan selingkung usu, staf pendidik dan staf kependidikan Fakultas Kedokteran Gigi USU. 

Ikhlas cDalam sambutannya, Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Dr Trelia Boel, drg., M Kes., Sp RKG (K) berterimakasih kepada seluruh donatur dan sponsor yang sudah memberikan bantuan untuk membangun masjid Al-Ikhlas. Dalam satu tahun, tepatnya dimulai pada 7 januari 2019 saat diletakkan batu pertama, masjid ini akhirnya selesai dan diresmikan. Pembangunan perluasan Masjid Al-Ikhlas ini dikarenakan masjid yang lama sudah tidak dapat lagi menampung seluruh jama’ah, khususnya mahasiswa dan dosen yang akan melakukan kegiatan beribadah. Atas dasar usul penggagas Masjid Al-Ikhlas, drg. Suparno, maka disepakati untuk melakukan perluasan terhadap masjid.

Ikhlas bPerwakilan dari alumni FKG USU, drg M Syahbana, juga turut memberikan sambutan, yang antara lain menyatakan, bahwa sepatutnya seluruh civitas akademika USU, khususnya di lingkungan FKG USU, untuk mensyukuri mudahnya masjid tersebut dibangun. Di mana di luar kawasan USU banyak masjid yang dirubuhkan. Ia berharap, agar masjid itu dapat menjadi tempat untuk berkumpul dan menjalin silaturahmi antara alumni dan keluarga besar Fakultas Kedokteran Gigi USU.

Ikhlas hArea Manager Bank Syariah Mandiri Medan Raya, Arie Darma Permana, mengatakan bahwa Bank Syariah Mandiri ikut menyaksikan dan menjadi bagian dari pembangunan masjid Al-Ikhlas, yang mana masjid tersebut saat ini menjadi masjid termegah di lingkungan USU. Bank Syariah Mandiri sadar betul bahwa yang paling utama dari pembangunan masjid bukanlah hanya mengedepankan kemegahannya, namun bagaimana dapat memakmurkan masjid, selaras dengan beberapa program yang dimiliki Bank Syariah Mandiri untuk kemaslahatan umat.

Ikhlas gSementara itu, dari Bank BNI yang diwakili oleh Pimpinan Jaringan dan Layanan BNI Kantor Wilayah Medan M Khalim, juga menyampaikan ucapan terimakasih karena diberikan kesempatan untuk ikut serta dalam pengembangan dakwah di USU. Ia berharap, agar masjid Al-Ikhlas dapat menciptakan generasi Rabbani di USU.

Ikhlas iSementara itu, Rektor USU yang terlambat hadir dikarenakan adanya kegiatan di waktu yang bersamaan dalam sambutannya yang diwakilkan oleh Wakil Rektor IV Prof Dr Ir Bustami Syam, M S M E, menyampaikan ucapan selamat kepada FKG USU yang telah mengubah fasilitas ibadah yang dulunya berupa musholla menjadi masjid. Ia juga mengajak seluruh keluarga besar FKG USU untuk meramaikan masjid.

Ikhlas dKegiatan ini juga diisi dengan ceramah agama oleh KH Buya Syakur Yasin yang bertemakan tentang fenomena yang terjadi pada kebanyakan masjid di Indonesia. Antara lain tentang banyaknya perbedaan pandangan mengenai tata laksana sholat. Ia berharap, semoga hal tersebut tidak dijadikan sebagai suatu hal yang harus diributkan di masjid ini. (Humas)

PetaIkonikUSU