MEDAN – HUMAS USU : Duta Besar Switzerland (Swiss) untuk Indonesia, Timor Leste dan Asean Kurt Kunz memberi kuliah umum di depan perwakilan mahasiswa dari empat fakultas yang ada di Universitas Sumatera Utara, bertempat di Ruang Senat Akademik Gedung Biro Pusat Administrasi USU, Rabu (5/2/2020). Kurt Kunz menghadirkan materi kuliah umum bertajuk “Political System and Economy of Switzerland” dan dihadiri oleh ratusan mahasiswa dari Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Ilmu Ekonomi dan Bisnis serta Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik USU.

Sws cWakil Rektor II USU Prof Dr dr Muhammad Fidel Ganis Siregar, M Ked (OG), Sp OG (K) membuka kuliah umum dengan harapan para mahasiswa yang ada di ruangan itu dapat mengenal lebih jauh serta mendapatkan informasi yang benar tentang Swiss. Khususnya terkait dengan kegiatan dan sistem pendidikan tinggi di negara tersebut, berikut berbagai peluang beasiswa yang tersedia bagi mahasiswa asal Indonesia. Ia juga mempersilakan para mahasiswa yang hadir untuk mempergunakan kesempatan itu dengan sebaik-baiknya dan mengajukan berbagai pertanyaan terkait materi kuliah umum yang dihadirkan.

Sws dKurt Kunz memaparkan secara mendetail tentang proporsi penduduk, political system dan kondisi ekonomi negara itu. Ia juga menyebutkan Swiss sebagai “small country, but number one in innovation, top in economy and living quality”. Ia menyebutkan, Indonesia merupakan salah satu negara yang menjadi prioritas Swiss dalam melakukan kerjasama. Di antaranya dalam bidang Sustainable Cocoa Production Programme (SCPP), Trade Capacity Building in Fisheries (SMARTFish), Public Finance Management (PFM), Skills for Competitiveness (dimulai sejak Februari 2018) dan Sustainable Tourism Development Indonesia (2018).(Humas)

PetaIkonikUSU