MEDAN – HUMAS USU : Universitas Sumatera Utara bekerjasama dengan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menggelar diskusi panel dengan topik “Peluang dan Tantangan Persaingan Usaha dalam Menghadapi Era Ekonomi Digital”, di ruang IMT-GT Biro Rektor USU, Rabu (26/2/2020). Acara dihadiri perwakilan mahasiswa dari Fakultas Hukum serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis USU, yang menghadirkan narasumber Guru Besar Fakultas Hukum USU Prof Dr Ningrum Natasya Sirait, SH, MLI, Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang sekaligus Dekan FEB USU Prof Dr Ramli, SE, MS, serta Komisioner KPPU Dr Guntur Syahputra Saragih, MSM.

Panel aDalam pemaparannya, Prof Dr Ningrum Natasya Sirait, SH, MLI, mengaitkan hubungan antara big data dengan persaingan perusahaan. Dikatakannya, big data pasti memberikan dampak bagi kehidupan manusia dan aspek persaingan perusahaan. Selain itu, pengawasan big data bergantung kepada mindset otoritas pesaing usaha. Di akhir penyampaiannya, aa mengharapkan ada rekomendasi atau platform dari KPPU untuk menyikapi persaingan usaha di era ekonomi digital.

Panel bSelanjutnya, Guru Besar FEB USU Prof Dr Ramli, SE, MS, menyampaikan tentang digitalisasi ekonomi dari pelaku usaha. Ia menyebutkan, bahwa peIaku usaha kecil dan menengah baru menerapkan 5% digital ekonomi dalam usahanya. Selain itu, ia mengharapkan agar mahasiswa yang termasuk dalam pelaku usaha mikro dapat terus berinovasi dalam menciptakan produk-produk terbaru, untuk dapat bersaing di era digitalisasi ekonomi. Ia juga berpesan agar akademisi turut terlibat dalam menguatkan pelaku usaha kecil dan menengah, terutama dalam menghadapi persaingan di era digitalisasi ekonomi ini.

Panel cPenyampaian materi terakhir disampaikan oleh Komisioner KPPU Dr Guntur Syahputra Saragih, MSM, perwakilan dari KPPU. Ia menyampaikan materi tentang bagaimana persaingan pelaku usaha di era digitalisasi ekonomi serta penggunaan uang digital. Sesi ini ditutup dengan tanya jawab antara mahasiswa dengan KPPU. Dalam sesi tanya jawab ini, KPPU berharap, agar kerjasama melalui penandatanganan MoU yang telah dilakukan antara Universitas Sumatera Utara dengan KPPU dapat berjalan dengan sukses, di mana nantinya diharapkan komitmen yang kuat antara kedua belah pihak. Selain itu, KPPU juga berharap agar mahasiswa turut aktif dalam melakukan pengawasan terhadap persaingan pelaku usaha, khususnya di daerah kampus. (Humas/Duta Humas)

PetaIkonikUSU