MEDAN – HUMAS USU : Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Prof Dr Runtung Sitepu, SH, M Hum membuka secara resmi operasional Pojok e-Filing, Selasa (10/03/2020) pagi. Pojok e-Filing yang merupakan kerjasama yang terjalin setiap tahun antara USU dengan Kanwil Direktorat Jenderal Pajak Sumut I melalui KPP Pratama Medan Polonia itu, berlokasi di Pusat Pelayanan Terpadu Gedung Biro Pusat Administrasi USU lantai 1 Medan.

Fin cPembukaan Pojok e-Filing dihadiri antara lain oleh Plt Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Sumatera Utara I Max Darmawan, Kepala KPP Pratama Medan Polonia Hendri Z, Kepala Bidang Penyuluhan Pelayanan Humas DJP Sumut I Bismar Fahleri, Kepala Sie Ekstensifikasi Kantor Pelayanan Pajak Pratama Medan Polonia Djirdji Z, Kepala Sie Penyuluhan Kanwil DJP Sumut I Sony Hermawan beserta jajaran.

Fin fDari USU turut hadir Wakil Rektor II USU Prof Dr dr Muhammad Fidel Ganis Siregar, M Ked (OG), Sp OG (K), Wakil Rektor V USU Ir Luhut Sihombing, MP, Sekretaris Universitas Sumatera Utara Prof Dr dr Farhat, M Ked (O.R.L-H.N.S), Sp THT-KL (K), para dekan di lingkungan USU, Kepala Tax Centre USU Hatta Ridho, S Sos, M SP, Sekretaris Tax Centre USU Indra Efendi Rangkuti,S Sos, para staf ahli dan unsur pimpinan USU lainnya.

Fin aDalam sambutannya, Plt Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Sumatera Utara I Max Darmawan menyampaikan ucapan terimakasih atas kesediaan USU dalam memfasilitasi Pojok e-Filing yang sudah berjalan sejak 2019. Ia berharap fasilitas tersebut dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh sivitas akademika USU untuk dapat menyampaikan SPT PPh OP 2019 tepat waktu dan benar.

Fin eMax Darmawan juga mengatakan, selalu siap untuk memberikan edukasi maupun pelayanan kepada wajib pajak yang terdaftar melalui KPP Pratama Medan Polonia. Pihak Kanwil DJP Sumut I juga banyak mendirikan counter pajak di mall dan pojok e-filing seperti yang ada di USU. Ia menegaskan bahwa Kantor Pajak berkomitmen setiap tahun untuk terus menyempurnakan pelayanan kepada wajib pajak.

Fin dRektor USU menyampaikan ucapan terima kasih kepada Plt Kepala Kantor Wilayah Direktur Jenderal Pajak Sumatera Utara I dan KPP Pratama Medan Polonia, yang telah mempercayakan USU sebagai salah satu tempat membuka Pojok e-Filing dari tahun 2019. Rektor berharap Pojok e-Filing ini bisa membantu sivitas akademika USU untuk dapat menyampaikan SPT PPh OP 2019 yang sudah mulai masuk masa wajib pajaknya dengan benar dan tepat waktu. Dengan demikian, kewajiban untuk melapor SPT sebagai bagian dari kewajiban wajib pajak bisa dipenuhi dengan baik. Kehadiran Pojok e-Filing ini juga sangat membantu bagi warga USU dan masyarakat sekitar kampus, dengan cukup datang ke Biro Rektor USU di Pusat Pelayanan Terpadu USU untuk melaporkan SPT maupun mengurus e-Filing Identification Number (EFIN), tanpa harus ke Kantor Pelayanan Pajak.

Fin bRektor juga berharap kepada ASN USU, untuk dapat sama-sama menjaga kenyamanan di Tax Center, agar masayarakat sekitar kampus dapat menilai bahwa sivitas akademika adalah orang yang ramah-tamah dan memberikan kesan yang baik.

Dalam kesempatan itu, Kepala KPP Pratama Medan Polonia menyerahkan Bukti Penyampaian Elektronik SPT sebagai tanda telah disampaikannya SPT PPh OP melalui e-Filing kepada Rektor USU Prof Dr Runtung Sitepu, SH, M Hum dan Wakil Rektor II USU Prof Dr dr Muhammad Fidel Ganis Siregar, M Ked (OG), Sp OG (K).

Fin gKegiatan Pojok e-Filing yang dipusatkan di Pusat Pelayanan Terpadu USU berlangsung dari tanggal 10-12 Maret 2020 pada pukul 08.30 - 16.00 WIB dan melayani pengisian SPT PPh OP melalui e-Filing dan pengurusan EFIN. (Humas RY/Fatah)

PetaIkonikUSU