MEDAN – HUMAS USU : Universitas Sumatera Utara mengukuhkan dua orang Guru Besar Tetap dari jajaran tenaga pendidiknya, yakni Prof Dr dr Arlinda Sari Wahyuni, M Kes, FISPH, FISCM dari Fakultas Kedokteran dan Prof Rahmawaty, S Hut, M Si, Ph D, dari Fakultas Kehutanan, Senin (16/03/2020). Pengukuhan ditandai dengan pengalungan medali Guru Besar dari Ketua Dewan Guru Besar USU Prof Dr dr Gontar Alamsyah Siregar, Sp PD, KGEH (K), didampingi Rektor USU Prof Dr Runtung Sitepu, SH, M Hum, kepada keduanya, bertempat di Gelanggang Mahasiswa USU Medan.

Ar hTurut terlihat hadir dalam kesempatan itu Ketua Majelis Wali Amanat USU Drs Panusunan Pasaribu, MM, para Wakil Rektor di lingkungan USU, Ketua dan anggota Dewan Guru Besar USU, Ketua dan anggota Senat Akademik USU dan seluruh jajaran terkait di USU. Juga hadir Bupati Labuhan Batu Utara, H Kharuddin Syah, SE, dan beberapa tamu dari unsur pemerintahan dan swasta lainnya. Termasuk di dalamnya tampak para Guru Besar dari berbagai universitas negeri dan swasta, antara lain Prof Dr dr Rizanda Machmud, M Kes, FISPH, FICM (Departemen Komunitas Fakultas Kedokteran Universitas Andalas), Prof Dr H Gusbakti Rusip, MSc, PKK, AIFO (K) (Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara), Prof Dr dr Thomson Parluhutan Nadapdap, M Kes, FISPH, FISCM (Ketua Departemen Komunitas Fakultas Kedokteran Universitas Methodist), Prof Dr Ir Asdi Agustar, M Sc (Guru Besar Universitas Andalas) dan Prof Dr Ir Abubakar, MS (Guru Besar Universitas Syiah Kuala).

Ar fPada forum resmi universitas itu, Prof Dr dr Arlinda Sari Wahyuni, M Kes, FISPH, FISCM menyampaikan pidato pengukuhannya yang berjudul “Harmonisasi Perilaku Pengobatan Penyakit Kronis Pada Layanan Primer di Indonesia.” Kemudian dilanjutkan oleh Prof Rahmawaty, S Hut, M Si, Ph D, yang mengetengahkan pidato pengukuhan berjudul “Perencanaan Hutan Berbasis Spasial dan Partisipasi Para Pihak Menuju Pengelolaan Hutan Lestari.”

Ar gHingga saat ini, Universitas Sumatera Utara telah memiliki 193 orang Guru Besar, dengan perincian 149 orang Guru Besar Tetap yang berstatus PNS, sementara Guru Besar Tidak Tetap Non PNS berjumlah 44 orang.

Ar dProf Dr dr Arlinda Sari Wahyuni, M Kes, FISPH, FISCM, adalah salah seorang dosen tetap di Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat/Ilmu Kedokteran Pencegahan/Ilmu Kedokteran Komunitas Fakultas Kedokteran USU. Ia lahir di Lhokseumawe, 9 Juni 1969, dan merupakan anak ke-4 dari 4 bersaudara, putri pasangan Alm Ali Umar dan Yuzarni. Sementara Prof Rahmawaty, S Hut, M Si, Ph D, merupakan dosen tetap di Fakultas Kehutanan USU. Ia lahir di Ujung Pandang, 21 Juli 1974, dan menyelesaikan program sarjananya dari Fakultas Kehutanan IPB Bogor pada tahun 1997 serta Program Pascasarjana pada Ppodi Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan IPB pada tahun 2000. Ia memperoleh gelar Doktor di tahun 2009. (Humas)

PetaIkonikUSU