MEDAN – HUMAS USU : Dr. Sofyan Tan Ginting, anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan menyerahkan bantuan berupa APD dan 9 item perlengkapan medis lain, di antaranya sarung tangan, baju hazmat, helmet, masker, sepatu bot, bagi tim medis RS USU yang terlibat dalam kegiatan penanganan pasien Covid-19. Bantuan tersebut berasal dari tiga sumber pendanaan yakni, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Komisi X DPR RI, serta Masyarakat Indonesia Tionghoa Sumut (MITSU). Penyerahan bantuan secara simbolis dari dr Sofyan Tan kepada Rektor USU Prof Dr Runtung Sitepu, SH, M Hum, dilakukan di lobby utama Rumah Sakit USU pada Jum’at (15/5/2020).

 WhatsApp Image 2020 05 16 at 12.42.38 PM 1

Turut hadir dalam kesempatan itu, Peter Suhendra (Ketua Tim Pengadaan dan Penyaluran Bantuan MITSU), Darsen Song (Sekretaris Tim Baksos MITSU), Adil Anwar (Bidang Hubungan Instansi Tim Baksos), Wakil Rektor II dan IV USU, Sekretaris Universitas, para Staf Ahli Rektor, Dekan dan Wakil Dekan FK USU, Direktur Utama dan jajaran direksi RS USU, serta beberapa pejabat terkait di lingkungan USU lainnya.

 WhatsApp Image 2020 05 16 at 12.42.37 PM

Dalam sambutannya, dr Sofyan Tan menyatakan bahwa ini adalah kesempatan yang dimilikinya sebagai anggota DPR untuk memberikan bantuan sekaligus turut serta membangun RS USU menjadi lebih baik lagi ke depannya. Nantinya pada awal Juni 2020 mendatang juga akan diserahkan 1 unit Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk USU beserta reagensia. PCR yang dibeli sebanyak 5 unit itu menjadikan RS USU sebagai satu-satunya rumah sakit pendidikan di luar Jawa yang mendapatkannya. Dengan bantuan tersebut diharapkan dapat kian mempercepat dan mempermudah proses pemeriksaan swab yang dilakukan tim medis RS USU terhadap para pasien Covid-19.

 WhatsApp Image 2020 05 16 at 12.42.38 PM 2

“APD yang diserahkan hari ini merupakan satu-satunya bantuan yang paling cepat diserahkan dari 53 anggota DPR RI Sumut dapil Sumut dan hal itu membuat saya merasa bahagia,” kata dr Sofyan Tan.

 

Menurut dr Sofyan Tan, saat ini merupakan kesempatan bagi USU untuk membuktikan bahwa dokter-dokternya memiliki kemampuan yang baik dalam pengobatan, khususnya untuk penanganan Covid-19, sehingga mencegah masyarakat Sumatera Utara untuk meneruskan kebiasaannya berobat ke luar negeri. “Kalau kasus Covid-19 penyembuhannya lebih signifikan di Sumut dan khususnya di RS USU, maka itu adalah salah satu promosi yang nyata bahwa dokter-dokter dan tenaga medis di Sumut bisa diandalkan dan masyarakat tak usah lagi berobat ke Penang dan negara-negara lain,” harapnya.

 WhatsApp Image 2020 05 16 at 12.42.39 PM 2

Ia juga menegaskan, hingga lima tahun ke depan ia akan tetap bersama USU dan RS USU, serta memberikan dukungan sepenuhnya, sebagaimana yang juga turut ditunjukkan oleh Masyarakat Indonesia Tionghoa Sumut (MITSU) dalam kesempatan ini.

 

“Sekalipun kita berbeda-beda namun sejatinya tetap satu, yang antara lain ditunjukkan bahwa dalam kondisi sulit dan menderita, kita turut bertanggungjawab dan bergotong-royong menanganinya bersama. Sejak pandemi Covid-19 masuk ke Indonesia, Masyarakat Tionghoa bekerja cepat dengan menghimpun dana yang sampai saat ini telah terkumpul hampir 8 miliar rupiah. Dana tersebut antara lain digunakan untuk memberikan bantuan sembako dan APD ke rumah sakit yang membutuhkan,” papar dr Sofyan Tan.

 WhatsApp Image 2020 05 16 at 12.42.39 PM

Rektor USU Prof Dr Runtung Sitepu, SH, M Hum, menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada dr Sofyan Tan Ginting selaku anggota DPR, Kemendikbud dan Masyarakat Indonesia Tionghoa Sumut, atas bantuan yang diserahkan kepada RS USU. Yang mana bantuan tersebut sangat berarti dan bermanfaat bagi proses penanganan pasien Covid-19 di RS USU. Ucapan terima kasih itu juga sekaligus ditujukan Rektor kepada seluruh pihak yang selama ini sudah memberikan banyak bantuan kepada RS USU.

 

Dalam kesempatan itu, Rektor USU juga memaparkan berbagai upaya dan tindakan yang telah dilakukan oleh seluruh pimpinan USU dan tenaga medis RS USU.

 WhatsApp Image 2020 05 16 at 12.42.40 PM

“Sampai hari ini permasalahan utama dari penanganan Covid-19 di RS USU adalah ketersediaan reagensia yang sangat terbatas dan sulit didapatkan. Semoga ke depan bisa segera tersedia dalam jumlah cukup sehingga dapat mendukung upaya penanganan dengan baik,” kata Rektor.

 WhatsApp Image 2020 05 16 at 12.42.40 PM 1

Dalam sambutannya, Rektor USU juga menyampaikan ucapan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh jajaran tim medis RS USU yang telah bekerja keras tanpa kenal lelah dalam melaksanakan tugasnya. Dikatakan Rektor, sampai hari ini, dari 6 orang pasien Covid positif yang ditangani RS USU, semuanya sudah sembuh dan diperbolehkan pulang ke rumah.

 WhatsApp Image 2020 05 16 at 12.42.41 PM

Seusai penyerahan secara simbolis, dr Sofyan Tan didampingi Rektor USU dan seluruh rombongan turut meninjau fasilitas laboratorium RS USU, ruang perawatan dan isolasi bagi pasien Covid-19. (Humas/Ry)

PetaIkonikUSU