MEDAN – HUMAS USU : Tim World Class University Universitas Sumatera Utara menyelenggarakan web seminar kuliah umum via zoom bertajuk “Mengelola Stress dan Motivasi Ketika Work From Home dan Kuliah Online”, Sabtu (20/06/2020). Narasumber yang dihadirkan Ihsan Rahmat, M Psi, Psikolog, Chief Human Resource and General Affair PT Makmur Bintang Plastindo, Direktur Operasional Humanika Solutama Consulting dan juga owner dari Klinik Kecantikan Royal Ageless. Webinar dimoderatori oleh dosen Fakultas Farmasi Imam Bagus Sumantri, S Farm, M Si, Apt.

Bstm 2Webinar dibuka dengan sambutan dari Wakil Rektor IV USU Prof Dr Ir Bustami Syam, MSME. Selain memberikan semangat dalam mengikuti webinar dan berdiskusi tentang hal-hal terkait tema, Prof Bustami juga mengingatkan tentang satu prinsip yang selalu dipegang para pendidik di Universitas Sumatera Utara dan sebaiknya dipahami orangtua. Prinsip tersebut diambil dari nukilan kalimat dalam puisi penyair Lebanon, Kahlil Gibran : Anakmu bukanlah anak-anakmu. Mereka putra-putri kehidupan yang rindu akan dirinya sendiri. Mereka datang melalui engkau tapi bukan dari engkau.

 

“Anakmu bukanlah anak-anakmu, tapi anak masa depan. Anak masa depan yang sesuai dengan tuntutan revolusi 4.0. Sebagaimana pula yang disampaikan Jack Ma tentang keniscayaan bahwa pada tahun 2030 nanti, 85 persen bisnis akan dilakukan melalui e-commerce. Ternyata kita tak perlu menunggu hingga 2030, karena pandemi telah mempercepat seluruh proses bisnis dan komunikasi menuju era daring,” kata Prof Bustami.

 

Menurut Warek IV USU, situasi tersebut tidak terkecuali dalam metode pengajaran yang saat ini dipakai dalam dunia pendidikan. Bahkan gaya kepemimpinan juga ikut berubah.

Bstm 3“Namun seperti apapun badai yang menerpa saat ini, kalau kita memang punya passion dan kemauan, mau online atau tatap muka, semua tetap harus dijalani. Walau menurut sebahagian orang daring itu tidak efektif, ya memang demikian, karena kita baru memulai dan masih beradaptasi dengan seluruh perubahan yang ada. Ini terjadi bukan hanya kepada kita sendiri, namun juga melanda seluruh dunia,” tandasnya.

 

Lebih lanjut Prof Bustami memaparkan bahwa USU saat ini sedang membuat sistem untuk memilah mana yang bisa online dan mana yang tidak. Semuanya akan ditimbang dari berbagai faktor.

 

“Sebentar lagi kita akan melaksanakan wisuda, juga dilakukan secara online. Tentu hal ini akan menyedihkan bagi para calon wisudawan-wisudawati. Sedih karena tidak bisa menjalani prosesi wisuda seperti biasa, didampingi orangtua. Tapi kita memang harus bisa beradaptasi, karena bukan hanya kita yang mengalaminya. Cara, metoda, semua bisa disesuaikan dengan keadaan. Tapi tujuan harus tetap betul-betul ditanamkan. Semoga melalui program ini dan program-program lain yang akan diluncurkan bisa memberikan manfaat di tengah pandemi ini,” kata Prof Bustami.

Bstm 1Dalam webinar, narasumber Ihsan Rahmat, M Psi, Psikolog, membahas berbagai hal terkait stress serta pemicu dan solusinya. Terlebih di masa di mana seluruh dunia kini tengah mengalami perubahan yang fundamental, tekanan kehidupan yang seringkali menyebabkan gangguan psikologis yang berbeda-beda pada tiap-tiap individu. Ada yang mampu mengatasinya sendiri, namun banyak juga yang membutuhkan pertolongan profesional medis.

 

“Setiap orang pasti pernah mengalami stress. Hanya kadarnya saja yang berbeda-beda, begitupula penyebabnya. Pandemi menyebabkan setiap orang harus bisa beradaptasi dengan cepat terhadap teknologi serta perubahan-perubahan pola kehidupan. Tak semua orang siap melakukannya,” kata Ihsan.

 

Webinar diikuti oleh tidak kurang dari 400 peserta yang telah mendaftarkan diri sebelumnya melalui bit.ly/kuliahumumUSU. Selain diisi dengan paparan dan tanya jawab, para peserta webinar juga diberikan e-certificate. (Humas)

PetaIkonikUSU