MEDAN – HUMAS USU: Wakil Rektor II Universitas Sumatera Utara Prof Dr dr M Fidel Ganis Siregar, M Ked (OG), Sp OG (K), menyampaikan, USU mengapresiasi perjuangan yang dilakukan anggota DPR RI asal Sumut 3, Prof Dr Ir Johar Arifin Husin untuk para dokter dan tenaga medis.

Johar aHal itu disampaikan Wakil Rektor II USU saat mewakili Rektor memberikan sambutan pada penyerahan bantuan APD untuk penanggulangan Covid-19 dari Ditjen Dikti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kepada 10 rumah sakit, bertempat di lobby RS USU, Jumat (12/06/2020).

 

Hadir dalam kesempatan itu, anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra Prof Dr Ir Johar Arifin Husin, Direktur Utama RS USU Dr dr Syah Mirsya Warli, Sp U (K), Direktur Pelayanan Medis dan Keperawatan dr Riyadh Ikhsan, Sp KK, serta perwakilan 10 rumah sakit lainnya di Sumut yang menerima bantuan APD.

Johar bMenurut Fidel Ganis Siregar, apa yang diperjuangkan Johar Arifin Husin, sangat bermanfaat di masa pandemi Covid-19 saat ini. Tentunya, kata Fidel Ganis, APD bantuan tadi dapat langsung dimanfaatkan dalam tugas sehari-hari para tenaga medis. Selain itu, Warek II juga menyampaikan apresiasi dengan perjuangan para anggota dewan asal Sumut di Senayan yang sudah mampu menyalurkan bantuan PCR ke RS USU. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui dr Sofyan Tan Ginting selaku anggota komisi X DPR RI telah menyerahkan bantuan satu alat Real Time Polymerase Chain Reaction (RT PCR) kepada Rumah Sakit Universitas Sumatera Utara (RS USU), Kamis (11/06/2020).

 

Bantuan itu, menurut Prof Fidel, menunjukkan keinginan besar dari Kemendikbud agar RS USU selaku entitas Kemendikbud dapat berperan dalam menyelesaikan tugas untuk meneliti sample-sample dengan lebih cepat, sehingga para pasien Covid-19 dapat tertangani segera.

 

Sementara itu, Prof Dr Ir Johar Arifin Husin dalam sambutannya antara lain menyampaikan niatnya selaku anggota DPR RI dalam memperjuangkan bantuan APD karena terenyuh dengan perjuangan para tenaga medis yang tiada henti dalam menghadapi pandemi Covid-19. Sebagai putra daerah asli Sumut, Prof Johar berharap dengan adanya bantuan APD, RS di Sumut mampu menangani pasien dengan baik.

Johar cKhusus untuk RS USU, Prof Johar berharap tim medis dapat bekerja lebih maksimal dalam upaya pemeriksaan sample, khususnya dengan bantuan yang telah diberikan Kemendikbud.

 

RS di Sumut lainnya yang mendapatkan alokasi bantuan antara lain RSUD Tanjung Pura, RSU Putri Bidadari, RSU PTPN II Tanjung Selamat, RSU Pertamina dan RSU Delia, semuanya di Kabupaten Langkat. Kemudian RSUD DR Djoelham dan RS KESREM (TNI AD) dari Binjai, RS H AM Simatupang Kisaran, RSU Muhammadiyah Sumut Medan serta RSUD dr Tengku Mansyur Tanjungbalai. (Humas)

PetaIkonikUSU