MEDAN–HUMAS USU: Tim World Class University Universitas Sumatera Utara kembali menyelenggarakan web seminar kuliah umum via zoom bertajuk “Digital Mastery in Industry 4.0”, Sabtu (27/06/2020). Narasumber yang dihadirkan Mardi FN Sinaga, VP Human Capital Business Partner PT Telekomunikasi Selular). Webinar dimoderatori oleh Staf Ahli Rektor USU sekaligus dosen Fakultas Teknik USU Emerson Pascawira Sinulingga, ST, M Sc, Ph D.

 

Webinar dibuka dengan sambutan dari Wakil Rektor III USU Prof Drs Mahyuddin KM Nasution, MIT, Ph D, yang menyambut baik digelarnya kuliah umum melalui zoom, sehingga dapat menghindari semakin meluasnya penyebaran Covid-19. Ia juga meminta kepada seluruh peserta webinar untuk menyimak bersama segala hal yang nantinya akan dipaparkan oleh narasumber.

CL bMardi FN Sinaga dalam kuliah umumnya menyampaikan bahwa kemajuan teknologi digital tak bisa dihadapi dengan isapan jempol atau hanya dengan kecukupan materi saja. Kemajuan teknologi digital mendorong terjadinya disrupsi di berbagai aspek seperti bisnis, industri, pendidikan, kesehatan, sosial, pemerintahan dan kehidupan manusia di seluruh dunia.

 

“Disrupsi itu bukan sesuatu yang harus kita takuti dan membuat kita kalang kabut menghadapinya. Disrupsi mendorong terbentuknya pola dan cara-cara baru dalam menjalankan suatu bisnis ataupun organisasi. Maka yang tidak bisa menyesuaikan akan lenyap, dan yang bisa serta mampu menyesuaikan akan tetap survive,” kata Mardi.

CL cDisrupsi, menurutnya akan memberikan banyak keuntungan, antara lain mengurangi biaya dan menyederhanakan proses. Kemampuan untuk memperbaiki suatu kesalahan juga menjadi lebih bagus dengan teknologi digital. Aksesibilitas terhadap informasi, produk dan layanan semakin mudah dan cepat. Selain itu akan membentuk mindset digital yang bagus dan meningkatkan produktivitas dengan signifikan serta mendorong pertumbuhan bisnis secara linier dan eksponensial.

 

“Disrupsi membuat segalanya menjadi semakin cerdas, kreatif dan akurat, juga merefresh ide-ide yang inovatif. Selain itu juga menciptakan market baru dengan opportunity yang lebih besar. Survive dan menang di era disrupsi caranya adalah dengan do something, jangan do print. Laksanakan transformasi digital dengan serius dan benar untuk membangun digital mastery,” tandas Mardi.

 

Lebih lanjut dikatakannya, bahwa transformasi digital suatu perusahaan akan ditentukan oleh visi yang jelas dan hasil yang ingin dicapai (digital version). Tata kelola organisasi untuk merealisasikan dan mengawasi jalannya transformasi (digital governance) keterampilannya melibatkan seluruh karyawan, mulai dari top management hingga low management untuk mengadopsi teknologi digital. Selain itu kemampuan di tingkat kepemimpinan juga dibutuhkan untuk mencermati arah perkembangan teknologi untuk bisnis (technology leadership capabilities).

CL a“Kapabilitas digital dan kapabilitas kepemimpinan digital adalah unsur kunci yang menentukan keberhasilan sebuah transformasi digital. Kapabilitas digital suatu perusahaan sangat ditentukan oleh kualitas kapabilitas kepemimpinan digital di perusahaan tersebut.

 

Kuliah umum tersebut merupakan kegiatan kedua yang diadakan oleh Tim World Class University Universitas Sumatera Utara yang diikuti oleh para peserta yang berasal dari kalangan dosen, profesional dan mahasiswa, di dalam dan di luar Universitas Sumatera Utara. (Humas)

PetaIkonikUSU