MEDAN – HUMAS USU : Universitas Sumatera Utara menggelar Webinar Softskill Workshop yang memfokuskan pembahasan pada tema “Basic Problem Solving”. Webinar ini merupakan kegiatan ketiga yang diusung oleh Tim World Class University Universitas Sumatera Utara, Sabtu (27/06/2020).

Narasumber yang dihadirkan adalah Nazri E Lubis dan Nella Siregar. Keduanya merupakan IT Consulting Firm yang merupakan alumni dari Fakultas Teknik Industri USU. Webinar dimoderatori oleh Muhammad Haikal Karana Sitepu, ST, M Eng, PhD, dosen Fakultas Teknik USU. Webinar dibuka oleh Ketua Dewan Guru Besar (DGB) USU Prof Dr dr Gontar Alamsyah Siregar, Sp PD, KGEH.

WhatsApp Image 2020 07 03 at 2.50.52 PM

Dalam sambutannya Prof Gontar antara lain mengucapkan terima kasih kepada semua peserta yang telah mengikuti webinar. Disebutkannya, webinar merupakan hal yang sangat berharga bagi Universitas Sumatera Utara, masyarakat, mahasiswa dan tim WCU khususnya.

“Kita tahu bahwa sejalan dengan Renstra USU 2015-20139, saat ini kita tengah memasuki tahun pertama dari tahap II Renstra periode 2020-2024, yang mana tahap I periode 2015-2019 sudah berhasil kita selesaikan. Di tahap II ini kita akan menyasar tujuan penting kita yakni mencoba menjadi world class university dan masuk dalam 500 besar WCU,” kata Prof Gontar.

WhatsApp Image 2020 07 03 at 2.50.52 PM 1

Menurut Ketua DGB USU itu, apa yang dilakukan oleh tim WCU dengan menggelar webinar merupakan salah satu hal dari enam parameter yang akan dinilai oleh QS Ranking untuk menentukan apakah Universitas Sumatera Utara dapat masuk ke dalam pemeringkatan World Class University.

WhatsApp Image 2020 07 03 at 2.50.52 PM 2

Adapun enam parameter yang akan dinilai itu adalah academic reputation, faculties study ratio, citation for faculty, international faculty, international student dan employee reputation.

“Employee reputation itu adalah apa yang kita kerjakan hari ini dalam webinar, di mana porsinya 10 persen dalam penilaian QS Ranking. Jadi para alumni USU yang bekerja di berbagai institusi dan perusahaan-perusahaan besar akan dinilai kinerja dan produktivitasnya, yang mana hal tersebut akan menjadi penilaian yang mendongkrak reputasi universitas,” terangnya.

WhatsApp Image 2020 07 03 at 2.50.53 PM

Narasumber Nazri E Lubis mengetengahkan paparan yang mengambil judul “Approaches to Problem Solving” dan Nella Siregar mengusung tema “Solving to Problem Based.” (Humas)

PetaIkonikUSU