MEDAN-HUMAS USU : Sektor ekonomi merupakan salah satu bidang yang mendapatkan gempuran paling keras di masa pandemi Covid-19, di mana pertumbuhan ekonomi berjalan sangat lambat dan perputaran uang dalam transaksi jual beli juga merosot tajam. Bahkan menurut Bank Dunia, perekonomian dunia sepanjang tahun ini bakal mengalami resesi terburuk sejak perang dunia atau 80 tahun terakhir. Kondisi demikian tentu sangat berpengaruh negatif, tidak saja bagi para pelaku usaha namun juga memengaruhi proses pembangunan yang sedang berjalan serta menempatkan semakin banyak masyarakat Indonesia ke garis kemiskinan.

IMG 20200714 WA0006 resize 93

Demikian antara lain dikatakan Wakil Rektor III Universitas Sumatera Utara Prof Drs Mahyuddin KM Nasution, MIT, Ph D, dalam sambutannya ketika membuka webinar yang mengambil tema “Kesiapan dan Solusi Bidang Ekonomi dan Pelaku Usaha Menghadapi New Normal”. Webinar yang terselenggara oleh kerjasama Universitas Sumatera Utara dengan Pemerintah Kota Medan tersebut berlangsung pada Kamis (9/7/2020) lalu. Webinar ini merupakan kegiatan kedua dari lima sesi yang direncanakan.

IMG 20200714 WA0009 resize 40

Turut hadir dan memberikan kata sambutan mewakili Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan, Ir H Akhyar Nasution, M Si, yakni Asisten Ekonomi dan Pembangunan Kota Medan Khairul Sahnan. Narasumber yang mengisi webinar terdiri Wahyu Ario Pratomo (Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis USU) dan Ivan Iskandar Batubara (Ketua KADIN Sumut), dan dimoderatori oleh Prof Dr Arlina Nurbaity, SE, MBA (Wakil Dekan III Fakultas Ekonomi dan Bisnis USU).

IMG 20200714 WA0002 resize 44

Lebih lanjut Wakil Rektor III USU mengungkapkan, dengan kondisi demikian tentu semua pihak tidak dapat hanya menunggu berpangku tangan dan menyerah begitu saja menerima keadaan yang tidak bersahabat ini. “Seluruh anak bangsa harus sama-sama mencurahkan perhatian dan pemikirannya dalam mencari solusi terbaik agar perekonomian negeri ini bisa bangkit dan masyarakat mampu bergiat kembali di dalam pekerjaannya, serta para pelaku usaha dapat menjalankan seluruh proses usahanya dengan baik,” kata Prof Mahyuddin.

WBP cMelalui webinar ini, imbuhnya, seluruh harapan baik itu dititipkan, untuk kemudian mendapatkan gambaran konkrit tentang hal-hal apa saja yang dapat segera dilakukan, khususnya dalam bidang ekonomi dan penyelamatan sektor usaha menyongsong era kenormalan baru (new normal) yang akan diterapkan pemerintah ke depan.

WBP aPada bagian lain, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Kota Medan Khairul Sahnan mengatakan, Kota Medan telah menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Selain itu semua instansi yang berkaitan dengan perekonomian, dinas koperasi, dinas perdagangan, perindustrian dan lain-lain telah menyusun konsep agar roda perekonomian dapat terus berjalan dengan baik.

WBP e“Kami punya target di bulan Agustus mendatang seluruh kegiatan perekonomian dipastikan dapat kembali berjalan dengan baik di bawah protokol kesehatan yang ketat. Kami juga sudah melakukan koordinasi dan bersinergi dengan pihak bank agar diberikan bantuan dan kemudahan bagi UMKM yang terdampak pandemi. Sementara untuk pelaksanaan kegiatan di bawah koordinasi Dinas Pekerjaan Umum tengah digencarkan sistem padat karya sebagai salah satu cara untuk menangani dampak pandemi,” katanya. (Humas)

PetaIkonikUSU