MEDAN – HUMAS USU : Universitas Sumatera Utara (USU) menyelenggarakan Pelatihan Dasar (Latsar) bagi calon tenaga kependidikan non PNS angkatan I tahun 2020 secara daring, yang dimulai Senin (13/07/2020) hingga 17 Juli 2020 mendatang. Latsar diikuti oleh lebih kurang 30 calon tenaga kependidikan (tendik) non PNS di lingkungan USU dan dibuka Wakil Rektor II USU Prof Dr M Fidel Ganis Siregar, M Ked (OG), Sp OG (K).

LD cTurut hadir dalam pertemuan virtual tersebut Kepala Biro Sumber Daya Manusia (SDM) USU M Simba Sembiring, SE, M Si, Staf Ahli Rektor Bidang SDM Erwin, ST, MT, Kabag Pengembangan dan Kesejahteraan Biro SDM Vindi Dwi Antonio, S Kom, Kabag Kepegawaian Biro SDM Dra Syafnita Hanura Silalahi, MSP dan Plt Kasubbag Perencanaan dan Pengembangan Biro SDM Dina Amriyani Hsb, S Kom.

 

Terkait kegiatan, Wakil Rektor II USU Prof Dr M Fidel Ganis Siregar, M Ked (OG), Sp OG (K) menyampaikan, bahwa mengingat pelaksanaan Latsar kali ini berada di bawah bayang-bayang pandemi Covid-19, maka penggunaan sistem daring melalui metode pembelajaran jarak jauh (distance learning) dianggap sebagai salah satu cara yang paling aman, baik bagi para peserta, pengajar maupun seluruh panitia yang bertugas.

LD b“Dengan metode daring yang diterapkan pada Latsar, para peserta tidak saja akan merasa lebih aman dan nyaman, namun juga dapat mengikuti seluruh materi dengan lebih fokus dari kediaman masing-masing. Di mana metode ini memanfaatkan teknologi informasi Learning Management System (LMS) dan aplikasi online video and meeting/conference,” katanya.

 

Prof Fidel Ganis juga menjelaskan, Latsar angkatan I tahun 2020 ini seharusnya sudah digelar pada trimester awal. Namun dengan merebaknya pandemi dan situasi lockdown di Universitas Sumatera Utara, maka latsar baru dapat dilaksanakan di kesempatan sekarang.

LD a“Meskipun dilaksanakan secara daring, namun tidak mengurangi sedikit pun dari materi yang disampaikan dalam latsar yang dilakukan melalui tatap muka pada periode-periode sebelumnya. Hasilnya juga terukur dan ada ujiannya,” tandasnya.

 

Warek II USU optimis, dengan penerapan system daring dalam pelaksanaan latsar memberikan peluang semakin banyaknya ilmu yang bisa diserap oleh para peserta. Mengingat mereka berada di kediaman pribadi dengan situasi yang dibangun sesuai karakter dan kenyamanan masing-masing peserta.

 

“Latsar wajib diikuti oleh setiap calon tenaga kependidikan non PNS di lingkungan USU. Tanpa mengikuti latsar, maka mereka tidak akan bisa mendapatkan status sebagai pegawai tetap,” ujar Prof Fidel Ganis. (Humas)

PetaIkonikUSU