MEDAN-HUMAS USU : Pandemi Covid-19 tidak saja memberikan dampak dari sisi ekonomi dan sosial, melainkan juga memberikan ancaman serius bagi kesehatan fisik dan psikhis masyarakat. Menyikapi hal tersebut, Universitas Sumatera Utara dan Pemerintah Kota Medan mengangkat pembahasan tersebut dalam pelaksanaan webinar bertajuk “Dampak New Normal Terhadap Kesehatan Jiwa dan Solusinya untuk Kehidupan yang Bahagia. Webinar yang digelar pada Kamis (16/07/2020) ini merupakan kegiatan keempat dari lima sesi webinar yang telah dipersiapkan.

NN cPelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan, Ir H Akhyar Nasution, M Si, diwakili Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Medan, Usma Polita, dalam sambutannya mengungkapkan, webinar ini penting untuk menggali berbagai pemikiran dalam menghadapi pandemi yang sampai kini belum tahu kapan berakhirnya, terutama berkaitan dengan kesehatan jiwa masyarakat dan kehidupan berbahagia.

NN dUsma mengatakan, pandemi ini tentu memberikan dampak kejiwaan bagi masyarakat. Di sini, lanjutnya, keluarga berperan untuk menjaga kesiapan mental setiap anggotanya dalam melalui masa pandemi.

NN gWakil Rektor III USU, Prof Drs Mahyuddin KM Nasution, M.IT, Ph d, sebelum membuka webinar itu memaparkan, stress dan depresi adalah keluhan yang terus meningkat grafiknya di masa pandemi ini. Sementara telah sama diketahui, bahwa pikiran dan jiwa yang tidak tenang serta dipenuhi beban pikiran, juga kecemasan-kecemasan yang tidak perlu merupakan penyumbang terbesar dalam menurunnya imunitas atau kekebalan tubuh dan berimplikasi pada terganggunya kesehatan fisik dan mental. Menurunnya imunitas tubuh, lanjutnya, merupakan pintu masuk utama bagi Covid-19 untuk menginfeksi korban-korban baru yang tidak diinginkan.

NN eMahyuddin mengatakan, upaya yang juga dianggap penting untuk dilakukan Pemerintah saat ini adalah memastikan bahwa masyarakat Indonesia tidak berada dalam kondisi stres yang berlarut-larut, dengan antara lain menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan terjaga dari kemungkinan penularan Covid-19, tersedianya akses kesehatan yang aman, murah, cepat dan nyaman, terkendalinya sektor ekonomi, sosialisasi protokol kesehatan yang merata dan beberapa hal penting lainnya. Dan, tambahnya, pemerintah membutuhkan bantuan dari banyak pihak untuk dapat mewujudkan tujuan tersebut.

NN f“Maka melalui webinar ini, Universitas Sumatera Utara dan Pemko Medan berharap agar seluruh tantangan tersebut dapat dibahas secara menyeluruh dan dicarikan solusi yang tepat untuk menanganinya,” ungkapnya.

NN bBertindak sebagai narasumber dalam seminar itu Dr dr Elmeida Effendy, M Ked KJ, Sp Kj (K) (Ketua Departemen Psikiatri FK USU) dan Raras Sutatminingsih, Ph. D, (Kaprodi Magister Profesi Psikologi USU). Sedangkan moderator Rika Eliana, S Psi, M Psi (Wakil Dekan III Fakultas Psikologi USU). (Humas)

PetaIkonikUSU