MEDAN – HUMAS USU : Dalam rangka memberikan pemahaman mengenai aspek nutrisi yang baik bagi penderita ODD (Orang Dengan Demensia), Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara telah menyelenggarakan Caregiver Meeting untuk ke-21 kalinya yang dilakukan secara daring, Sabtu (8/8/2020).

 

Caregiver meeting adalah seminar online yang diselenggarakan satu kali dalam sebulan untuk para penderita Demensia dan keluarga. Kegiatan yang dilaksanakan oleh Departemen Neurologi FKUSU bekerjasama dengan Alzheimer Indonesia (AlzI) Medan itu menghadirkan narasumber dr Fitriyani Nasution, M Gizi, Sp GK.

IMG 20200811 125802 resize 10

Dekan FK USU Prof Dr dr Aldy Safruddin Rambe, Sp S (K), mengatakan bahwa dalam era pandemi Covid-19 sekarang ini, peran nutrisi sangat diperlukan untuk menjaga daya tahan tubuh, terutama pada ODD (Orang Dengan Demensia) yang mungkin memiliki faktor komorbid lainnya.

 

Demensia merupakan kumpulan gejala atau sindrom berupa penurunan fungsi kognitif seperti daya ingat, daya pikir, kemampuan berbahasa, mengenali benda-benda, dan orientasi. Sindrom ini muncul dengan parah sehingga mengganggu aktivitas dan orang di sekitarnya. Gejala itu juga menyebabkan gangguan perilaku dan kepribadian. Kumpulan gejala ini disebabkan oleh suatu penyakit seperti alzheimer, stroke, parkinson, dan sebagainya. Kasus yang paling banyak ditemui adalah demensia akibat alzheimer. (Humas)

PetaIkonikUSU