MEDAN – HUMAS USU : Universitas Sumatera Utara (USU) saat ini menjadi salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang didukung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk masuk dalam jajaran top 500 universitas terbaik kelas dunia versi Quacquarelli Symonds World University Ranking (QS WUR). Untuk merealisasikan target tersebut, USU wajib meningkatkan jumlah dan kualitas publikasi ilmiah bereputasi para penelitinya di tingkat internasional.

IMG 20200813 WA0001 resize 93

Salah satu upaya yang dimulai oleh Tim World Class University (WCU) USU adalah dengan menggelar Sosialisasi Program Penelitian Skema Penugasan WCU, yang berlangsung secara daring melalui zoom, Senin (10/8/2020). Kegiatan yang dihadiri oleh Ketua Lembaga Penelitian USU Prof Dr Erman Munir, M Sc dan para dosen peneliti di lingkungan Universitas Sumatera Utara itu dibuka oleh Rektor USU Prof Dr Runtung Sitepu, SH, M Hum, yang diwakili oleh Ketua Tim WCU USU Prof Dr Ir Bustami Syam, MSME. Sebagai pembicara dihadirkan Wakil Rektor III USU Prof Drs Mahyuddin KM Nasution, MIT, Ph D selaku Wakil Ketua Bidang Penelitian yang memaparkan tentang Teknis Strategi Penelitian untuk WCU USU dan Prof Dr Eng Himsar Ambarita, ST, MT yang memaparkan Program Penelitian WCU USU.

IMG 20200813 WA0003 resize 0

Prof Mahyuddin dalam pembahasan mengenai strategi penelitian USU menuju Top 500 QS WUR mengatakan bahwa USU akan fokus pada upaya untuk menyelenggarakan riset dan penelitian, kerjasama internasional, peningkatan akademik dan memperoleh Hak Kekayaan Internasional (HAKI) di berbagai negara. “Ini tentu sebuah tugas yang sangat berat yang harus dilaksanakan oleh para peneliti USU,” kata Prof Mahyuddin.

IMG 20200813 WA0002 resize 40

Dikatakannya, ada 44 program kerja yang telah disusun sebagai strategi untuk mencapai tujuan tersebut. Antara lain meningkatkan kemampuan penelitian, kualitas penelitian serta penugasan penelitian di berbagai disiplin ilmu. Diharapkan nantinya jumlah publikasi dan karya ilmiah yang dihasilkan oleh para dosen dan peneliti USU juga dapat mengalami peningkatan secara signifikan. Prof Mahyuddin menegaskan agar semua dosen dan peneliti ilmiah di lingkungan USU harus menghasilkan penelitian dan karya ilmiah sebagai tanggungjawab profesi.

IMG 20200813 WA0000 resize 86

Tim WCU USU saat ini telah merancang tiga program penelitian skema penugasan WCU USU yaitu; penulisan artikel jurnal jenis review (state of the art), penelitian kolaborasi internasional dengan perguruan tinggi yang ada dalam 500 QS WUR dan penelitian kolaborasi dengan perguruan tinggi penerima grant WCU Kemdikbud. Tim juga telah mendata peneliti yang dapat memenuhi persyaratan dan kriteria skema penugasan WCU.

 

Sementara Prof Himsar dalam kesempatan itu mengingatkan pentingnya kualitas riset dalam berkontribusi pada peningkatan academic reputation & citation per faculty yang bobotnya 60%, maka harus memperhatikan secara khusus beberapa hal berikut; program publikasi berjenis jurnal review, program reward untuk peneliti dari perguruan tinggi lain yang mensitasi publikasi perguruan tinggi tersebut, program reward kepada dosen yang mampu memiliki sitasi serta program riset kolaborasi untuk perguruan tinggi penerima grant WCU. (Humas)

PetaIkonikUSU