MEDAN – HUMAS USU : Universitas Sumatera Utara melalui Program World Class University (WCU) menyelenggarakan web seminar (webinar) yang membahas mengenai “Talent Scouting : Road to Doctor, Senin (10/08/2020). Webinar dibuka oleh Ketua Tim WCU USU yang sekaligus juga menjabat sebagai Wakil Rektor IV USU Prof Dr Ir Bustami Syam, MSME.

IMG 20200814 WA0008 resize 46

Hadir sebagai pembicara dalam kegiatan itu Riza Inanda Siregar, ST, MT (Ph D Student, University of Birmingham), Dr Esther Sorta Mauli Nababan, M Sc (Head of International Affairs Office USU) dan Zaid Perdana Nasution, ST, MT, Ph D (Member, WCU Committee USU). Dimoderatori oleh Tarmidi, S Psi, M Psi, Ph D (Member, WCU Committee USU).

IMG 20200814 WA0005 resize 12

Dalam sambutannya yang sekaligus membuka webinar, Ketua Tim WCU USU Prof Dr Ir Bustami Syam, MSME, menyampaikan sekelumit pengalamannya ketika mendapatkan beasiswa S2 melalui program ADB (Asian Development Bank) 525 IMO pada masanya. Prof Bustami mengingatkan, sejalan dengan masuknya Universitas Sumatera Utara ke klaster 1 pemeringkatan perguruan tinggi, konsekuensinya USU masuk dalam list prioritas perguruan tinggi yang perlu didukung Pemerintah menuju World Class University. Ia menargetkan, tahun depan paling tidak Universitas Sumatera Utara dapat masuk ke peringkat 1.000 besar dunia.

IMG 20200814 WA0001 resize 26

“Keberadaan dosen-dosen S3 ini memiliki skor cukup lumayan dalam penilaian menuju WCU, yakni sebesar 5 persen. Dengan demikian kita harus berpacu untuk meningkatkan jumlah dosen S3 di lingkungan USU,” kata Prof Bustami.

IMG 20200814 WA0004 resize 18

Riza Inanda Siregar, ST, MT yang merupakan Ph D Student dari University of Birmingham, Inggris, menghadirkan pemaparan yang berjudul “Pengalaman Persiapan Mengikuti Pendidikan S3”. Menurutnya, dalam tahapan persiapan yang perlu dilakukan antara lain menentukan bidang yang diminati, menentukan negara dan universitas yang dituju. Untuk menentukan universitas yang menjadi tujuan ini, ia mengimbau untuk memerhatikan bahwa universitas tersebut harus masuk dalam peringkat 200 universitas dunia. Agar lebih banyak mendapatkan informasi disarankan untuk berselancar di web universitas tersebut. Juga perlu melakukan list terhadap professor yang sesuai dengan bidang dan minat, list persyaratan Ph D dan persyaratan yang harus dijalankan oleh calon penerima beasiswa. Calon peserta juga dapat mempersiapkan cv, melakukan korespondensi dan mempersiapkan kemampuan bahasa inggris, dan lain-lain.

IMG 20200814 WA0002 resize 47

Dr Esther Sorta Mauli Nababan, M Sc, selaku Head of International Affairs Office USU, tampil sebagai pembicara kedua. Materi yang dihadirkan membicarakan tentang kerjasama internasional yang telah dilakukan oleh Universitas Sumatera Utara, di mana dipaparkan berbagai informasi terkait beasiswa yang tersedia melalui program kerjasama yang sudah ada antara USU dengan berbagai universitas di dalam dan luar negeri serta lembaga-lembaga internasional.

IMG 20200814 WA0003 resize 23

Sedangkan Zaid Perdana Nasution, ST, MT, Ph D yang merupakan member WCU Committee USU menyampaikan materi berjudul sama dengan tema webinar yakni, Program Road to Doctor. Ia menjelaskan bahwa program road to doctor ini merupakan bagian dari upaya USU untuk meningkatkan ranking internasional dan dibiayai oleh Dikti. Melalui program ini diharapkan agar semakin banyak dosen yang bisa melanjutkan sekolah S3 ke luar negeri, terutama ke kampus-kampus peringkat 500 dunia. Kegiatan ini berlangsung dari Agustus hingga November 2020 dan diharapkan juga dapat menjadi kelanjutan dari program “USU Prestasi” yang telah dilaksanakan USU sejak 2013. Kegiatan akan melibatkan 80-an peserta dan 20-an mentor dosen S3/Profesor. Terdiri atas dua tahapan utama yakni mapping, workshop dan coaching. (Humas/RJ)

PetaIkonikUSU