MEDAN - HUMAS USU: Tim Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Sumatera Utara yang diketuai oleh Ir M Agung Putra Handana, ST, MT, melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat pembuatan menara tangki air di Kampung Nelayan Seberang, Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan, Agustus 2020 lalu.

 

Menurut Ir M Agung Putra Handana, ST, MT, menara air tersebut dibangun untuk menampung persediaan air dan menjamin kenyamanan beribadah bagi warga kampung dengan ketersediaan air yang cukup. Adapun sumber dana kegiatan berasal dari dana Non PNBP USU. Kampung Nelayan Seberang terletak di pesisir pantai timur Pulau Sumatera, yang mengakibatkan terbatasnya ketersediaan air bersih di lokasi tersebut bagi warganya.

 

Selama ini masyarakat setempat hanya mengandalkan pompa air sebagai supply air bersih utama. Selama penggunaan pompa air tersebut seringkali terjadi hambatan, seperti rusaknya jaringan pipa pompa dan tidak tersedianya air yang akan dipompa ke permukaan. Hal ini sangat berpengaruh kepada berbagai kegiatan masyarakat setempat, termasuk untuk kebutuhan ibadah masyarakat Kampung Nelayan yang mayoritas beragama Islam.

MenaraIntensitas masyarakat Kampung Nelayan Seberang yang sebelumnya rutin pergi beribadah ke masjid setempat, semakin menurun sebagai akibat tidak tersedianya air bersih untuk kebutuhan bersuci atau berwudhu sebelum shalat. Melihat permasalahan ini Tim Pengabdian Masyarakat di bawah Lembaga Pengabdian pada Masyarakat Universitas Sumatera Utara (LPPM-USU) yang diketuai oleh Ir M Agung Putra Handana, ST, MT, membangun tangki air di lokasi tersebut. Dengan memanfaatkan ilmu teknik sipil yang telah didalami, bangunan tangki air berdimensi 2x1x2 meter setinggi 3 meter itu dibangun agar dapat menjadi tempat penyimpanan air bersih yang cukup banyak dan dalam jangka waktu yang lebih panjang.

 

Proses pembangunan tangki air bersih yang baru selesai dibangun dalam beberapa minggu ini, dikerjakan oleh tukang dan diawasi oleh seluruh tim dan masyarakat setempat. Dengan dibangunnya menara tangki air, besar harapan seluruh tim seluruh masyarakat Kampung Nelayan Seberang sekarang dapat lebih nyaman dalam melaksanakan rutinitas ibadah sehari-hari.

 

Tim dan masyarakat setempat mengucapkan terima kasih kepada pimpinan USU khususnya Rektor USU Prof Runtung Sitepu dan Ketua LPPM USU Prof Tulus, PhD, atas program kerja Pengabdian Mono Tahun Reguler yang sangat bermanfaat bagi masyarakat Kampung Nelayan Seberang.

 

Anggota tim pengabdian masyarakat LPPM USU untuk Kampung Nelayan Seberang terdiri dari Ir Zulkarnain A Muis, M Eng Sc, dibantu oleh dosen Ir Rahmi Karolina, ST, MT, Riza Inanda Siregar, ST, MT, dan beberapa mahasiswa yakni Ari Mustafa Kamal, Hafiz Isra Negara, Fitri Salsabila Lubis, Nazmi Wayan Anugerah, Syifa Salsabila, Ully Annisa Lubis dan M. Try Andika Putra. (Humas/RJ)

PetaIkonikUSU