MEDAN - HUMAS USU : Tim Dosen Universitas Sumatera Utara melalui dana non PNBP USU melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dengan memperbaiki kondisi dan kualitas jalan di Kampung Nelayan Seberang, Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan, pada Agustus 2020 lalu. Kegiatan ini bertujuan untuk memperlancar serta meningkatkan jalur transportasi dan ekonomi masyarakat.

 

Pembangunan jalan setapak beton yang memiliki lebar 1 meter dengan panjang 30 meter itu telah dapat dinikmati dan dimanfaatkan oleh masyarakat Kampung Nelayan Seberang, Medan Belawan. Pembuatan jalan dilaksanakan oleh Tim Pengabdian Masyarakat di bawah Lembaga Pengabdian pada Masyarakat Universitas Sumatera Utara (LPPM-USU) yang diketuai oleh Ir Syahrizal, MT, dengan anggota terdiri dari Ir M Agung Putra Handana, ST, MT, Ir Rahmi Karolina, ST, MT, Riza Inanda Siregar, ST, MT. Dalam proses pelaksanaannya, Tim Pengabdian Masyarakat USU juga dibantu oleh masyarakat setempat.

BetonMenurut Ir Syahrizal, MT, Pembuatan jalan beton ini bertujuan untuk memperpanjang umur jalan yang merupakan akses utama di Kampung Nelayan Seberang. Selama ini masyarakat Kampung Nelayan Seberang yang bermata pencaharian sebagai nelayan menambatkan kapal-kapal mereka pada dermaga sederhana dan jalan setapak yang terbuat dari kayu non-struktur, yang secara berkala dan lambat-laun akan lapuk. Kondisi ini menghambat jalur ekonomi masyarakat di Kampung Nelayan Seberang. Dengan pemanfaatan ilmu teknik sipil, jalan setapak beton tersebut dibuat dengan struktur pondasi beton berdiameter 20 centimeter dan menggunakan pipa PVC sebagai casing-nya. Hal ini bertujuan untuk menahan korosi air laut terhadap jalan sehingga dapat mengurangi biaya renovasi di masa-masa selanjutnya. Kegiatan pembuatan jalan beton ini sudah berjalan selama empat tahun. Pembangunan dilakukan secara bertahap dan disesuaikan menurut kondisi jalan.

 

Sementara itu, salah seorang anggota tim pengabdian masyarakat, Ir Rahmi Karolina, ST, MT, menyatakan bahwa dengan dibangunnya jalan setapak beton ini, diharapkan agar masyarakat Kampung Nelayan Seberang dapat lebih mudah menjalani kegiatan dan aktivitas ekonominya sebagai nelayan. Juga memudahkan masyarakat setempat dalam upaya pencapaian kenaikan tingkat ekonominya.

 

Lebih lanjut tim dosen menyampaikan ucapan terima kasih kepada pimpinan USU khususnya Rektor USU Prof Runtung Sitepu dan Ketua LPPM USU Prof Tulus, Ph D, atas program kerja Pengabdian Mono Tahun Reguler yang sangat bermanfaat bagi masyarakat Kampung Nelayan Seberang. Dalam kegiatan itu juga terdapat beberapa mahasiswa yang turut membantu yaitu Ari Mustafa Kamal, Hafiz Isra Negara, Fitri Salsabila Lubis, Nazmi Wayan Anugerah, Syifa Salsabila, Ully Annisa Lubis dan M. Try Andika Putra. (Humas/RJ)

PetaIkonikUSU