MEDAN-HUMAS USU : Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Prof Dr Runtung Sitepu, SH, M Hum, menerima audiensi Bupati Nias Utara Marselinus Ingati Nazara bersama Ketua DPRD Nias Utara Sukanto Waruwu, Sekda Nias Utara Yafeti Nazara serta anggota DPRD Nias Utara Hisikia Harefa, Ingatan P Zendrato dan Notefalali Zalukhu, S Th, Kamis (10/9/2020), bertempat di Rumah Dinas Rektor USU Jalan Universitas No.44 Kampus USU, Medan.

 

Dalam audiensi tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nias Utara dan Universitas Sumatera Utara (USU) sepakat akan bekerjasama dalam meningkatkan mutu pendidikan di Akademi Komunitas Nias Utara (AKNIRA), yang selama ini dalam pembinaan Politeknik Pertanian Payakumbuh, Sumatera Barat (Sumbar). Audensi ini merupakan yang kedua kalinya dilakukan oleh Pemkab Nias Utara dengan Rektor USU, setelah beberapa bulan sebelumnya beraudensi dan baru bisa dilanjutkan saat ini karena terhalang lockdown akibat pandemi Covid-19.

AKNIRADalam audensi tersebut, Bupati Nias Utara Marselinus Ingati Nazara, A Md, memohon kepada Rektor USU Prof Runtung Sitepu, agar Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU) dapat dilaksanakan AKNIRA bekerjasama dengan USU. AKNIRA berdiri sejak tahun 2013 berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan tertanggal 23 September 2013 dan telah mewisuda sebanyak 6 angkatan. Bupati Nias Utara menambahkan, untuk menyelamatkan AKNIRA salah satunya harus bekerjasama dengan USU melalui pemberlakuan PSDKU.

 

Menanggapi permohonan Bupati Nias Utara tersebut, Rektor USU Prof Runtung menyatakan sangat mendukung dan menyambut baik usulan Bupati. Rektor berharap, AKNIRA di Nias Utara nantinya akan menjadi cikal bakal pendirian Universitas Negeri di Kepulauan Nias. Rektor juga menyebutkan, dalam waktu dekat jika pandemi Covid-19 ini menurun, ia akan berkunjung ke Nias Utara untuk melihat kondisi real AKNIRA sekaligus memberi kuliah umum.(Humas/bs)

PetaIkonikUSU