MEDAN – HUMAS USU : Universitas Sumatera Utara berhasil meraih satu penghargaan dalam Kompetisi Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (KN MIPA) 2020. Ishmah Ulya dari Fakultas MIPA USU yang mewakili dalam bidang Fisika meraih honourable mention atau juara harapan dalam kompetisi bergengsi tersebut.

 

Pelaksanaan Seleksi Nasional KN MIPA digelar Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia pada tanggal 7 sampai 10 September 2020. Seluruh tahapan kompetisi mulai dari pendaftaran, seleksi tingkat wilayah, sampai dengan seleksi tingkat nasional diselenggarakan secara daring; dikarenakan situasi dan kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia yang pada umumnya belum mereda.

 

KN MIPA 2020 meliputi 4 bidang yaitu matematika, fisika, kimia, dan biologi. Kompetisi ini dilakukan dalam tiga tahap seleksi: tahap I di tingkat perguruan tinggi, tahap II di tingkat wilayah, dan terakhir seleksi di tingkat nasional.

Birek 2020Seleksi KN MIPA Tingkat Wilayah Tahun 2020 telah diselenggarakan pada tanggal 4 s.d. 7 Agustus 2020 yang diikuti oleh 2437 mahasiswa di Indonesia. Dari seleksi wilayah tersebut tersaringlah 50 peserta di masing-masing bidang, yang mana mereka berhak untuk mengikuti seleksi tingkat nasional yg telah diselenggarakan dengan sistem tes berbasis komputer dan penggunaan aplikasi zoom sebagai media pengawasan.

 

Pada tahap terakhir ini telah ditentukan 18 mahasiswa terbaik per bidang dengan pengelompokan: 3 peraih medali emas, 5 peraih medali perak, 7 peraih medali perunggu, dan 3 peraih honorable mention.

 

Kepala Pusat Prestasi Nasional dalam kesempatan itu mengucapkan selamat dan penghargaan setinggi-tingginya kepada para juara dan seluruh peserta KNMIPA Tahun 2020 yang telah berjuang dan berkompetisi secara jujur dan sportif. Ia berharap semoga prestasi-prestasi ini menjadi pemicu motivasi dan semangat bagi rekan-rekan mahasiswa lain untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan positif yang dapat memicu inovasi dan kreativitas di masa pandemi ini. (Rel/RJ)

PetaIkonikUSU