MEDAN-HUMAS USU : Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Prof Dr Runtung Sitepu, SH, M Hum, melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sumatera Utara yang diwakili General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sumatera Utara, M Irwansyah Putra. Kesepakatan kerjasama tersebut dilakukan pada Senin (27/10/2020), bertempat di Ruang Senat Akademik Gedung Biro Pusat Administrasi USU lantai 3 Medan.

 

Turut hadir dari jajaran PT PLN (Persero) UIW Sumut, Senior Manager SDM & Umum Eddy Irawan, Senior Manager Perencanaan Abdul Rohim, Senior Manager Distribusi Taufik Hidayat dan Senior Manager Keuangan Haris John Horas. Sementara dari USU Wakil Rektor III Prof Drs Mahyuddin KM Nasution, MIT, Ph D, Wakil Rektor IV USU Prof Dr Ir Bustami Syam, MSME, Dekan Fakultas Teknik USU Ir Seri Maulina, M Si, Ph D, Ketua Departemen Teknik Elektro Fakultas Teknik USU, Dr Ir Fahmi, ST, M Sc, IPM, Ketua Departemen Teknik Mesin Fakultas Teknik USU, Dr Ir M Sabri, MT, IPM Asean Eng.

PLN 2020 1Rektor USU dalam kesempatan itu menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh PLN untuk bekerjasama dengan USU dalam pemberian dana bantuan pengembangan laboratorium transmisi 7 distribusi Departemen Teknik Elektro Fakultas Teknik USU.

 

Adapun wilayah kerjasama ini nantinya antara lain juga terkait dalam penyelenggaraan pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, kajian pembangunan listrik desa dan perkuatan sistem kelistrikan untuk program kehandalan kelistrikan Sumatera Utara.

PLN 2020 3“Dengan dilaksanakannya penandatanganan MoU yang mengukuhkan seluruh kegiatan kerjasama antara kedua institusi ini, semoga dapat membawa kebaikan bagi Universitas Sumatera Utara. Tujuan utama dari terjalinnya kerjasama ini antara lain adalah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang dimiliki dan membuka ruang yang lebih luas bagi terlaksananya berbagai kegiatan yang mendukung pengembangan wawasan, keilmuan dan inovasi,” kata Rektor.

 

Rektor juga mengharapkan, agar dengan ditandatanganinya nota kesepahaman, maka hubungan yang terjalin antara Universitas Sumatera Utara dengan PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sumatera Utara dapat semakin erat dan mampu memberikan kontribusi positif bagi kedua institusi, bangsa dan negara.

PLN 2020 2“Sebagai institusi pendidikan, USU sangat terbuka terhadap penawaran kerjasama dari berbagai pihak yang bertujuan untuk semakin memperluas peluang dan kesempatan USU untuk maju dan sejajar dengan institusi pendidikan terkemuka lainnya,” kata Rektor.

 

Dalam kesempatan itu, Rektor juga memaparkan seluruh pencapaian dan prestasi terbaik USU dalam berbagai bidang.

PLN 2020 6Sementara itu, General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sumatera Utara M Irwansyah Putra, mengatakan bahwa pendidikan merupakan salah satu pilar utama kemajuan suatu bangsa. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan, salah satunya adalah dengan melengkapi dan mengupgrade fasilitas penunjang pembelajaran.

 

Menurutnya, PLN sebagai perusahaan yang konsern pada perkembangan tekhnologi, terus berupaya ikut serta dan mendukung proses meningkatan kualitas Pendidikan di Indonesia.

PLN 2020 4“Nota kesepahaman ini merupakan dasar dari rangkaian kerjasama PLN UIW Sumatera Utara dan Universitas Sumatera Utara selama tiga tahun ke depan. Nantinya kita harapkan terbentuk sebuah hubungan yang baik sehingga dapat mengembangkan sektor ketenagalistrikan nasional. PLN dapat mendukung proses pembelajaran dan meningkatkan pengetahuan praktis mahasiswa. Secara bersamaan USU dapat men-support PLN dalam melakukan kajian akademik serta kegiatan kemasyarakatan lain,” katanya.

 

Disampaikannya juga, bantuan ini merupakan bagian dari program PLN Peduli dengan memberikan bantuan di bidang sosial, ekonomi, budaya, pendidikan dan lingkungan yang langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

PLN 2020 5Ia menjelaskan, sebelumnya PLN juga telah bekerjasama dengan Universitas HKBP Nomensen untuk mengembangkan becak listrik serta memberikan bantuan fasilitas laboratorium distribusi kepada Politeknik Negeri Medan.

 

“Universitas Sumatera Utara bukanlah institusi asing untuk PLN. Banyak alumni USU yang bergabung bahkan menjadi pimpinan PLN di seluruh Indonesia. Semoga apa yang kami berikan dapat bermanfaat dan meningkatkan kualitas pendidikan di Sumatera Utara pada khususnya dan Indonesia pada umumnya,” paparnya.

 

Penandatanganan MoU ditutup dengan serah terima cenderamata dan foto bersama. (RJ)

PetaIkonikUSU