MEDAN-HUMAS USU : LPPM USU bekerjasama dengan Kelurahan Terjun, Medan Marelan melakukan kegiatan pengabdian masyarakat untuk menjadikan wilayah itu sebagai kawasan Siaga Covid-19. Ketua Tim Pengabdian Pada Masyarakat USU, Destanul Aulia, SKM, MBA, MEc, PhD, mengatakan, pemodelan dilakukan dengan memberdayakan masyarakat dalam forum siaga Covid-19 Kelurahan Terjun.

Terjun aKegiatan yang dilakukan di antaranya pendataan kesehatan warga, mencari faktor penyebab penularan Covid-19 dan potensi wilayah, musyawarah masyarakat, menyusun kegiatan dan pelaksanaannya serta keberlangsungan kegiatan.

Terjun b"Kita mensosialisasikan, perilaku hidup sehat sebagai bentuk penguatan kapasitas anak dan keluarga, dengan melakukan cuci tangan pakai sabun dan kelestarian lingkungan serta cara membuat sanitizer," kata Aulia dalam keterangannya, Minggu (18/10/2020).

Terjun cCamat Medan Marelan, Muhammad Yunus mengatakan, kegiatan ini sangat positif dan para peserta yang merupakan kader kelurahan diharapkan dapat menerapkan kembali pembelajaran yang diperoleh kepada masyarakat umum.

Terjun dSebelumnya, Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat USU, Prof Dr Dra Ida Yustina, MSi, menandatadangani MoU dengan Camat Medan Marelan, Muhammd Yunus terkait desa binaan FKM USU di Kelurahan Medan Marelan.

 

Kepala Puskesmas Marelan dr Tissa Hasibuan mengatakan, berbagai dilema terjadi saat pelaksanaan pencegahan Covid-19. Salah satunya adalah penolakan dari warga. Hal ini membuat pihaknya harus bekerjasama dengan pihak kepolisian dan Babinsa Koramil 10 ML. (Ist)

PetaIkonikUSU