MEDAN – HUMAS USU : Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) USU yang diketuai oleh Prof Tulus, Vor, Dipl Math, bersama Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) USU dalam program Dosen Wajib Mengabdi melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Labuhan, Bandar Kecamatan Tanjung Morawa, Deli Serdang. Tim terdiri dari Ketua Herfita Rizki Hasanah Gurning, SE, MEc.Dev dan anggota tim Ameilia Zuliyanti Siregar, M Sc, Ph D, Prof Dr Ritha F Dalimunthe, SE, M Si, Hairani Siregar, S Sos, M SP, Arif Qaedi Hutagalung, SE, M Si, dengan melibatkan mahasiswa.

 

Kegiatan berlangsung pada 24 Agustus 2020, dihadiri oleh Kepala Desa Bandar Labuhan Hajemen, serta TP PKK Ir Anita Mariana. FEB USU mengharuskan Dosen Wajib Mengabdi melakukan kegiatan untuk mengatasi persoalan adaptasi baru atau new normal yang dihadapi oleh masyarakat Tanjung Morawa.

13736169 f423 4892 9d4b 18fcdf8a4870Penyebaran Covid-19 dapat diperkecil dengan cara mengarahkan masyarakat agar tetap mengubah perilaku dan pola hidup serta mentaati protokol kesehatan. Di samping itu, ibu rumah tangga (IRT) haruslah memiliki sikap mental yang positif serta aktif meningkatkan ketahanan fisik dan mental keluarga. Ibu rumah tangga diharapkan memiliki kemampuan untuk berusaha mengatasi masalah yang timbul akibat pandemi Covid-19.

 

Tim Pengabdian Masyarakat USU melakukan pendampingan terhadap ibu rumah tangga yang berada di bawah Komunitas Perempuan Mandiri Warna-Warni agar dapat memanfaatkan lahan pekarangannya sehingga bernilai ekonomis.

 

Ketua Tim Herfita Rizki Hasanah Gurning, SE, MEc.Dev, menyatakan tujuan dari dilaksanakannya pengabdian ini terkait peran dan tanggungjawab mereka sebagai dosen untuk melakukan tridarma perguruan tinggi yang salah satunya adalah pengabdian masyarakat. Selain itu juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam memahami pentingnya perilaku hidup sehat. (RJ)

PetaIkonikUSU