MEDAN – HUMAS USU : Universitas Sumatera Utara (USU) melantik 3.325 orang wisudawan/ti yang telah menyelesaikan studinya mulai dari Juli hingga September 2020 dalam kegiatan Wisuda Periode IV Tahun Akademik 2019/2020, yang dilaksanakan secara daring dan ditayangkan melalui channel youtube, Selasa (10/11/2020). Pelaksanaan wisuda dilakukan oleh Rektor Universitas Sumatera Utara Prof Dr Runtung Sitepu, SH, M Hum, dan berlangsung dalam dua sesi.

Wsd 11 aWisuda antara lain dihadiri oleh Ketua Majelis Wali Amanat Universitas Sumatera Utara Dr Nurmala Kartini Pandjaitan Sjahrir, beserta sekretaris dan anggota, Ketua Senat Akademik Universitas Sumatera Utara Prof Dr Suwarto, SH, MH, beserta sekretaris dan anggota, Ketua Dewan Guru Besar Universitas Sumatera Utara Prof Dr dr Gontar Alamsyah Siregar, Sp PD, KGEH, beserta Sekretaris dan anggota, para pimpinan perguruan tinggi, instansi pemerintah dan swasta serta para mitra kerjasama USU, para wakil rektor, sekretaris universitas, para dekan, direktur Pasca Sarjana, para wisudawan dan orangtua masing-masing.

 

Secara rinci, wisudawan/wisudawati yang dilantik tersebut terdiri dari : Program Doktor 37 orang, Program Magister 354 orang, Program Magister dan Pendidikan Dokter Spesialis 22 orang, Program Pendidikan Dokter Spesialis 73 orang, Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis 9 orang, Program Dokter Jenjang Magister 46 orang, Pendidikan Profesi 417 orang, Program Sarjana 1.787 orang dan Program Diploma 580 orang. Lulusan USU periode ini terdiri dari 1.210 orang (36.39 %) pria dan 2.115 orang (63.61 %) wanita. Hingga saat ini jumlah lulusan USU sebanyak 222.386 orang.

Wsd 11 bDi antara wisudawan/wisudawati yang diwisuda kali ini, terdapat beberapa orang yang berhasil lulus dengan predikat Terpuji atau Cumlaude, yang terdiri dari : Program Doktor Ok Yulizal, IPK 3, 99 dengan masa studi 3 tahun 5 Bulan, dari Program Studi Ilmu Kedokteran. Program Magister Agung Wahyudhi Atmanegara, IPK 4, 00, dengan masa studi 0 tahun 11 bulan, dari Program Studi Akuntansi. Dari Program Profesi Maria Anestesia Napitupulu, dengan IPK 3, 88, masa studi 0 tahun 11 bulan, dari Program Profesi Ners. Sementara untuk Program Sarjana wisudawan/ti terpuji terdiri dari ; Maruli Salaungan Harahap, dengan IPK 3, 90, masa studi 3 tahun 10 bulan, dari Fakultas Hukum, Winnie Kamson, dengan IPK 3, 81, masa studi 3 tahun 10 bulan, dari Program Studi Agroteknologi, Jansen Sjaklif, dengan IPK 3, 94 masa studi 4 tahun 0 bulan, dari Program Studi Teknik Sipil dan Tika Yuana Sari, dengan IPK 3, 86, masa studi 3 tahun 10 bulan, dari Fakultas Kehutanan. 

 

Sementara itu, dari Fakultas Kedokteran Gigi Ilmi Hidayah, dengan IPK 3.80, dan masa studi 3 tahun 9 bulan. Dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Josua Putrada Sianipar, dengan masa studi 3 tahun 9 bulan dan IPK 3,78 dari Program Studi Ekonomi Pembangunan. Dari Fakultas Ilmu Budaya Ivanca Alesia Munthe, dengan masa studi 3 tahun 10 bulan, IPK 3,94 dari Program Studi Etnomusikologi. Dari Fakultas Ilkom TI Wilyanto, dengan masa studi 4 tahun 0 bulan, IPK 3.92 dari Program Studi Ilmu Komputer. Dari F-MIPA Rezky Ainun Zainuddin, dengan masa studi 3 tahun 9 bulan dan IPK 3,68 dari Program Studi Kimia. Dari FISIP Asdani Daulay, dengan masa studi 3 tahun 10 bulan dan IPK 3,90 dari Program Studi Antropologi Sosial. Sementara dari FKM Agnes Angela Stepanie Siregar, dengan IPK 3,85 dengan masa studi 3 tahun 9 bulan. Dari Fakultas Psikologi Anjelica, dengan IPK 3, 74 dan masa studi 3 tahun 8 bulan. Dari Fakultas Farmasi Verick Karnadi, dengan IPK 3.88 dan masa studi 3 tahun 6 bulan.

Wsd 11 dDalam pidato wisudanya, Rektor USU Prof Dr Runtung Sitepu, SH, M Hum, juga menyebutkan sejumlah pencapaian prestasi yang telah berhasil diraih oleh Universitas Sumatera Utara. Baik dalam bidang akademik maupun non akademik. Salah satu di antaranya adalah keberhasilan USU dalam mempertahankan posisinya pada pemeringkatan perguruan tinggi yang dilakukan oleh Kemdikbud RI. USU tetap berada di klaster 1 pada peringkat ke-13. Dalam pemeringkatan Webometric, USU mengalami kenaikan peringkat di tingkat dunia dari posisi 1.872 di Januari 2020 menjadi peringkat 1.575 pada Juli 2020. Sementara dalam peringkat Webometrics di Indonesia USU tetap berada di peringkat 8.

 

Selain itu, USU juga dari segi pengelolaan keuangan selama 4 tahun berturut-turut Kantor Akuntan Publik telah memberikan kualifikasi Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Hingga saat ini, kata Rektor, Universitas Sumatera Utara telah memiliki 15 fakultas dan 1 Sekolah Pascasarjana, dengan 160 Program Studi di mana 69 program studi telah memiliki akreditasi A, 80 program studi berakreditasi B sementara sisanya masih akan terus didorong dan diupayakan untuk sesegera mungkin mendapatkan akreditasi A dan B.

Wsd 11 c“Pada tahun 2020 ini, dalam rangka mendukung terciptanya SDM unggul dan andal, USU juga telah menambah 6 Prodi baru, yaitu; Profesi Arsitek, Magister Kehutanan, Subspesialis/Sp.2 Ilmu Penyakit Dalam, Magister Administrasi Publik, Magister Sains Data dan Kecerdasan Buatan, sertaProgram Doktor Ilmu Komunikasi,” papar Rektor. (RJ)

PetaIkonikUSU