MEDAN – HUMAS USU : Universitas Sumatera Utara (USU) kembali menyelenggarakan Pelatihan Dasar (Latsar) Bagi Calon Tenaga Kependidikan Tetap Non PNS untuk memenuhi persyaratan pengangkatan pegawai tetap atau Tenaga Kependidikan Tetap USU. Latsar kali ini merupakan angkatan ke-VI di tahun 2020 dan masih dilaksanakan secara daring, yang dimulai dari Senin (9/11/2020) hingga Jum’at (13/11/2020). Latsar diikuti oleh 40 calon tenaga kependidikan (tendik) tetap non PNS di lingkungan USU. Kegiatan dibuka oleh Wakil Rektor II USU Prof Dr M Fidel Ganis Siregar, M Ked (OG), Sp OG (K).

Latsdar bDalam sambutannya ketika membuka Latsar angkatan ke-VI, Prof Fidel Ganis Siregar antara lain mengatakan, mengingat pandemi belum juga berakhir maka pelaksanaan latsar secara daring dinilai sebagai salah satu cara untuk meminimalkan penularan dan penyebaran virus Covid-19. Ia juga mengucapkan terima kasih dan merasa bangga kepada seluruh tenaga kependidikan (tendik) yang mengikuti latsar, terlebih bagi peserta yang sebagian besarnya merupakan para pegawai honorer USU yang telah lama mengabdi dan berkarya untuk USU. Ia menekankan bahwa sesungguhnya para calon pegawai yang mengikuti latsar merupakan pegawai asli USU, yang harus bangga dan berbahagia dalam menjalankan tugasnya.

 

Prof Fidel menegaskan, latsar merupakan kegiatan yang wajib diikuti oleh setiap calon tenaga kependidikan non PNS di lingkungan USU. Tanpa mengikuti latsar, maka mereka tidak akan bisa mendapatkan status sebagai pegawai tetap.

Latsdar cWarek II USU juga menyatakan bahwa latsar yang dilakukan ini sesungguhnya telah dilaksanakan sejak bertahun-tahun lalu dengan istilah lain, yakni kegiatan pra jabatan. Bedanya, jika dulu pra jabatan dilakukan selama satu bulan lamanya, maka latsar hanya dilaksanakan selama lebih kurang seminggu atau lima hari kerja.

 

Untuk itu, ia berharap kepada seluruh peserta latsar untuk dapat memanfaatkan momentum latsar dengan baik, sebagai bekal dalam pelaksanaan kerja yang lebih baik ke depan.

Latsdar d“Latsar ini bermanfaat bagi USU dan juga bagi seluruh tenaga kependidikan yang ada di USU. Meskipun karena pandemi masih belum juga berakhir, maka latsar dilaksanakan secara virtual untuk mengurangi risiko terjadinya klaster baru Covid-19,” kata Prof Fidel.

 

Ia juga berharap kepada para peserta untuk dapat terus meningkatkan kualitas kinerjanya meskipun telah mendapatkan status sebagai tenaga kependidikan tetap. “Jangan sampai ketika masih menjadi pegawai honorer rajin bekerja, namun setelah menjadi tenaga kependidikan tetap malah menjadi malas atau menurun kinerjanya. Kalaupun tidak bisa ditingkatkan lagi, setidaknya tetap dalam kategori baik,” katanya.

Latsdar eTurut hadir dalam pertemuan virtual tersebut Staf Ahli Rektor Bidang SDM Erwin, ST, MT, Kepala Biro Sumber Daya Manusia (SDM) USU Dra Syafnita Hanura Silalahi, MSP, Kabag Pengembangan dan Kesejahteraan Biro SDM Vindi Dwi Antonio, S Kom dan Plt Kasubbag Perencanaan dan Pengembangan Biro SDM Dina Amriyani Hsb, S Kom. (RJ)

PetaIkonikUSU