MEDAN – HUMAS USU : Kantor Humas, Protokoler dan Promosi Universitas Sumatera Utara (USU) telah menggelar Pertemuan dan Koordinasi Protokolan dan Kehumasan di Lingkungan USU secara daring, Selasa (17/11/2020). Kegiatan dibuka oleh Sekretaris Universitas, Prof Dr dr Farhat, M Ked (ORL-HNS), Sp THT-KL(K). Turut hadir memberikan sambutan Kepala Kantor Humas Protokoler dan Promosi, Elvi Sumanti, ST, M Hum. Webinar menghadirkan dua narasumber, Koordinator Substansi Umum, Kerja Sama dan Humas Sesditjen Dikti Yayat Hendayana, SS, M Si, dan Protokol Kepresidenan Kasubbag Dukungan Upacara Sekretariat Presiden Simson Leider Nadeak, S Sos, M.Pub. Pol.

Hms fProf Farhat wewakili Rektor Universitas Sumatera Utara menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan kegiatan webinar yang sangat penting ini. Sebagaimana diketahui bersama, bahwa kegiatan keprotokolan dan kehumasan merupakan dua hal yang sangat utama melekat dalam pendampingan pimpinan dan penting untuk diketahui oleh humas. Khususnya bagi staff yang setiap harinya bertugas mempersiapkan penyelenggaraan kegiatan resmi yang dihadiri oleh para pimpinan dan pejabat Negara. Beliau berharap peserta mendapatkan tambahan ilmu dan perluasan wawasan yang bisa diaplikasikan dalam pelaksanaan tugas sehari-hari. Sharing informasi ini merupakan kesempatan yang harus dimanfaatkan dengan baik oleh seluruh peserta yang hadir dalam webinar, mengingat tidak setiap saat kita bisa mendapatkannya. Khususnya terkait pada pendampingan pimpinan dan pelaksanaan kegiatan resmi di tingkat universitas, fakultas, maupun lembaga-lembaga internal dan ekternal lainnya. Beliau juga menyampaikan terima kasih kepada dua narasumber yang telah bersedia hadir dan membagikan ilmu dan pengalaman yang dimilikinya kepada seluruh peserta.

Hms dDalam paparannya, Yayat Hendayana, SS, M Si, memaparkan bahwa seorang humas harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, memiliki perencanaan yang baik (waktu , tempat) dan harus dapat menyampaikan pesan yang diberikan oleh instansi atau perusahaan, mampu memahami reaksi dari para khalayak (pihak lain) yang menerima pesan, memiliki kemampuan untuk branding institusi, dan yang paling penting berpenampilan yang baik.

Hms b“Humas juga dituntut untuk aktif dalam mengoptimalkan penggunaan laman, media sosial maupun influencer dalam mengemas pesan. Selain itu, sangat penting juga untuk menjaga hubungan baik dengan media massa dan jurnalis," ujar Yayat dalam materi tentang Pengelolaan Kehumasan di Lingkungan Pendidikan Tinggi.

Hms cSementara itu, Protokol Kepresidenan Kasubbag Dukungan Upacara Sekretariat Presiden Simson Leider Nadeak yang juga merupakan Alumni FISIP USU menjelaskan tugas penting seorang protokol serta pemahaman dan praktek yang seragam dalam perlakukan pengaturan standar protokol. Adanya pola pengaturan yang berbeda-beda dapat mengakibatkan perbedaan pandangan maupun complain dari stakeholders, pengaturan ini akan menghasilkan keseragaman pelaksanaan standar protokol dalam acara-acara resmi disetiap instansi.

Hms ePeserta pertemuan merupakan perwakilan dari satuan kerja, lembaga dan fakultas di lingkungan Universitas Sumatera Utara. Tercatat sebanyak 60 peserta yang sudah mendaftar melalui google form dan mengisi daftar hadir pada saat kegiatan berlangsung.(NA)

PetaIkonikUSU