MEDAN – HUMAS USU : Program Doktor Prodi Ilmu Linguistik FIB USU menghadirkan kuliah daring sesi 4 untuk publik, mengangkat kajian Analisis Percakapan dalam Pemerolehan Bahasa, dengan narasumber pakar linguistik dari Universitas Andalas (UNAD) Padang Hanafi, Ph D, alumni Doktor dari University of Melbourne, Sabtu (21/11/2020). Peserta yang mengikuti kuliah daring seri 4 ini adalah pimpinan FIB USU, fungsionaris Program Studi Doktor Ilmu Linguistik, para dosen, mahasiswa S2 dan S3 Prodi Linguistik FIB USU dan masyarakat umum dari akademisi dan praktisi bahasa dari seluruh Indonesia.

 

Turut hadir di antaranya Dekan FIB Dr Budi Agustono, MS, yang sekaligus membuka kegiatan. Juga hadir Wakil Dekan I Prof Mauly Purba, MA, Ph D, Wakil Dekan II Dra Heristina Dewi, M Pd dan Wakil Dekan III Prof Dr Ikhwanuddin Nasution, M Si, Ketua Prodi S2-S3 Linguistik Dr Eddy Setia, M Ed, TESP, Sekretaris S3 Dr Mulyadi, M Hum, Sekretaris S2 Dr T Thyrhaya Zein, MA.

Percakapan bDr Budi Agustono dalam sambutannya mengungkapkan, bahwa ia sangat bangga dan mengapresiasi geliat luar biasa yang dilakukan Prodi S3 Ilmu Linguistik USU, karena tidak kenal lelah dalam memberikan stimulus bagi para dosen, mahasiswa S2, S3, dan para akademisi bahasa di seluruh penjuru Indonesia. Dalam kondisi yang terbatas karena pandemi, Prodi S3 Linguistik FIB USU tetap memberikan support agar geliat belajar semua tetap terjaga dengan menghadirkan pakar-pakar bahasa dari berbagai Perguruan Tinggi yang terbaik.

 

Ia mengharapkan agar para peserta dapat menambah wawasan dan skill dalam kompetensi linguistik, komunikasi, pragmatik serta internasional. “Semoga ada terobosan dan temuan baru yang dapat dihasilkan oleh para mahasiswa S2 dan S3 dalam melakukan kajian tesis dan disertasinya dengan kajian analisis percakapan pemerolehan bahasa, tentu dalam varian yang bisa dikembangkan pada kajian sosial budaya yang ada di Sumatera Utara,” katanya.

 

Kuliah diawali pengantar dari Ketua Prodi Doktor Ilmu Linguistik Dr Eddy Setia, M Ed, TESP dipandu moderator Dr Gustianingsih, M Hum, yang juga dosen Prodi S1, S2 dan S3 Ilmu Linguistik dan Sastra Indonesia FIB USU. 

Percakapan aSementara Dr Eddy Setia, M Ed, TESP, dalam pengantarnya mengatakan, bahwa Prodi S2-S3 Ilmu Linguistik USU telah merancang berbagai kegiatan akademik guna memberikan wadah dan media bagi para mahasiswa S2-S3. Para akademisi linguistik secara umum diharapkan dapat terus aktif melakukan berbagai kajian bahasa, terutama yang belum diminati.

 

Hanafi, Ph D, dalam paparannya menjelaskan tentang conversation analysis atau menganalisis teks lisan/spoken texts, percakapan sehari-hari/biasa (mundane), percakapan alami, aturan/keteraturan dalam percakapan, organisasi sosial melalui percakapan dan interaksi melalui percakapan/talk-in-interaction. (Ist)

PetaIkonikUSU