MEDAN - HUMAS USU : Tim Horas Universitas Sumatera Utara berhasil meraih juara II di Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2020 yang diselenggarakan pada 26-30 November 2020 di Jakarta. Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI telah menunjuk Universitas Indonesia (UI) menjadi tuan rumah kegiatan tersebut.

Hrs aKontes Mobil Hemat Energi 2020 mengusung tema “Energi Untuk Negeri”, dengan total peserta yang masuk babak final sebanyak 36 tim dari 27 perguruan tinggi se-Indonesia. Tim Horas yang berasal dari Fakultas Teknik USU di bawah bimbingan Prof Dr Eng Himsar Ambarita, ST, MT, yang juga selaku pendiri tim, membukukan kemenangan pada kategori Perancangan Body dan Chasis Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2020.

Hrs bWakil Rektor UI Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Abdul Haris, kepada media mengatakan, bahwa kompetisi mobil hemat energi ini sejalan dengan komitmen UI untuk memberikan alternatif solusi bagi masalah energi nasional.

Hrs c"Salah satunya dengan pengembangan kendaraan masa depan yang hemat bahan bakar dan ramah lingkungan," kata Abdul Haris.

Hrs eMenurut dia, UI berkomitmen mendorong mahasiswa mengembangkan karakter, minat, bakat, kemampuan, serta potensi, baik hard skill maupun soft skill melalui beragam aktivitas.

Hrs dKetua Pelaksana KMHE 2020, Muhamad Asvial, menjelaskan tentang penyelenggaraan kontes mobil hemat energi tahun ini yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Seluruh rangkaian KMHE 2020 diselenggarakan dengan sistem daring sehingga peserta tidak perlu datang ke Kampus UI. Kontes dibagi menjadi dua kategori, yaitu Prototype dan Urban concept. Kategori Prototype merupakan rancangan kendaraan masa depan dengan desain khusus yang memaksimalkan efisiensi. Sedangkan Urban Concept adalah rancangan kendaraan roda empat yang penampilannya mirip mobil dan cocok dikendarai di jalanan. Setiap tim melalui tahapan seleksi, mulai dari seleksi proposal sampai laporan desain mobil hemat energi. Jumlah pendaftar KMHE 2020 sebelum seleksi tercatat 110 tim dari 74 perguruan tinggi. (BS)

PetaIkonikUSU