MEDAN – HUMAS USU : Universitas Sumatera Utara (USU) mencatat sejarah baru dalam pemeringkatan perguruan tinggi di Asia, yakni dengan berhasil menembus peringkat 501-550 QS Asia University Ranking 2021. Pengumuman peringkat tersebut tercantum pada laman QS Asia University Ranking, Rabu (25/11/2020).

Qs bRektor USU Prof Dr Runtung Sitepu, SH, M Hum, mengumumkan pencapaian terbaik sepanjang USU berdiri itu dalam konferensi pers yang digelar di lobby Biro Pusat Administrasi USU. Rektor menyebutkan, bahwa ia sangat bersyukur atas keberhasilan yang diraih melalui kerja keras dan kerjasama seluruh civitas akademika USU itu. 

Qs cMengingat capaian yang diperoleh dengan masuk dalam peringkat QS Asia University Ranking merupakan yang pertama kali diraih sepanjang USU berdiri. Ini merupakan langkah awal bagi USU untuk dapat terus maju menuju target internasionalisasi yang telah dicanangkan.

Qs bRektor mengaku sangat bahagia mendapati kabar tersebut menjelang akhir masa jabatannya pada 21 Januari 2021 mendatang. Kendati kepemimpinannya akan berakhir, namun ia telah membawa USU lebih maju dengan capaian prestasi-prestasi hingga melampaui target kinerja yang telah ditetapkan sejak awal menjabat sebagai rektor periode 2016-2021.

 

“Kita sudah masuk ke dalam peringkat 501-550 Asia University Ranking, berarti seluruh tugas dari rektorat pimpinan periode 2016-2021 sudah melebihi dari kontrak kinerja. Saat ini USU sedang bekerja keras masuk dalam pemeringkatan QS University Rangking dan itu sedang dikerjakan di mana komponen penilaiannya lebih dari tingkat Asia dan akan bersaing dengan seluruh perguruan tinggi yang ada di dunia,” ucapnya sambil tersenyum. (RJ)

PetaIkonikUSU