MEDAN – HUMAS USU : Senat Akademik Universitas Sumatera Utara (USU) menggelar rapat pleno dengan agenda tunggal Penyaringan Calon Rektor Universitas Sumatera Utara Periode 2021-2026, bertempat di Gedung Pancasila USU, Kamis (26/11/2020). Rapat pleno yang diikuti oleh 100 anggota Senat Akademik tersebut memilih 3 calon dari 4 calon rektor yang telah mengikuti audisi di Auditorium USU pada Selasa (24/11/2020).

Kandidiat bRapat dibuka secara luring oleh Ketua Senat Akademik Prof Dr Suwarto, SH, MH, pada pukul 09:00 WIB. Ketua Panitia Pemilihan Calon Rektor USU Prof dr Guslihan, Sp A (K) mengundang 3 (tiga) anggota SA yang telah dipilih pada Rapat Pleno Senat Akademik di tanggal 13 November 2020 untuk menjadi saksi dalam pelaksanaan penyaringan, yaitu ; Prof Erlina, SE, M Si, Ph D, Ak, Saharman Gea, S Si, M Si, Ph D dan Dr Dudut Tanjung, S Kp, M Kep, Sp KMB.

Kandidiat aMelalui konferensi pers yang digelar pada Kamis (26/11/2020) siang di lobby Biro Pusat Administrasi USU, Rektor USU Prof Dr Runtung Sitepu, SH, M Hum, menjelaskan bahwa terdapat 101 anggota senat USU yang seharusnya memberikan suara, namun 1 orang sakit, sehingga yang hadir memilih dan memberikan suara 100 orang. Adapun perolehan suara dalam rapat pleno adalah; 52 suara untuk ‎Prof Dr dr Farhat, M Ked (ORL-HNS), Sp THT KL (K), 37 suara untuk Dr Muryanto Amin, M Si dan 11 suara untuk Prof Dr M Arif Nasution, MA. Sementara, satu calon dari luar USU, yakni Dr Restu Utama Pencawan, tidak mendapatkan perolehan suara (mengundurkan diri).

Kandidiat dSelanjutnya, Panitia Pemilihan Rektor USU akan segera mengirim ke tiga nama calon Rektor USU itu kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI untuk tahapan berikutnya. Di sini, sesuai dengan statuta USU dan Peraturan Pemerintah , urutan suara terbanyak pertama sampai dengan ke tiga calon rektor dikirim ke Jakarta. Untuk kemudian nantinya sesuai jadwal, 3 Desember 2020 akan dilakukan pemilihan di Jakarta.

Kandidiat eBertempat di Jakarta pada tanggal 3 Desember 2020, ke tiga calon Rektor ini akan dipilih oleh 21 anggota Majelis Wali Amanat (MWA) USU, yang terdiri dari 8 orang wakil dari Senat Akademik USU, 10 orang wakil Unsur Masyarakat, Rektor USU yang sedang menjabat, Gubernur Sumut dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Anwar Makarim. Di mana Mendikbud akan memiliki hak suara terbanyak, yakni sebesar 35 persen.

Kandidiat gRektor USU berharap agar semua proses pemilihan berjalan dengan lancar sesuai dengan jadwal. “Setelah 3 Desember nanti, sudah diketahui Rektor USU yang terpilih untuk menggantikan saya dan ini adalah bagian dari regenerasi kepemimpinan di USU. Saya menjamin pelaksanaan ini tidak ada kecurangan sedikitpun , dan semua berjalan sebagaimana mestinya tanpa ada intervensi sama sekali,” kata Prof Runtung. (RJ)

PetaIkonikUSU