MEDAN – HUMAS USU : Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Dr Muryanto Amin, S Sos, M Si, menerima audiensi Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumut Abyadi Siregar dan jajaran, bertempat di kediaman resmi Rektor USU, jl Universitas No.44 Medan, Rabu (3/2/2021). Audiensi tersebut dimaksudkan sebagai koordinasi pengawasan penyelenggaraan pelayanan publik di lingkungan perguruan tinggi.

 

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumut Abyadi Siregar dalam pertemuan itu menyatakan, bahwa pihaknya berharap agar penyelenggaraan pengelolaan Perguruan Tinggi (PT) di USU dilakukan berbasis pelayanan publik yang baik.

Omb c“Pelayanan publik yang baik itu bagaimana? Ya, ketika instansi/institusi itu sudah menyusun dan menetapkan standar pelayanan publiknya sesuai pasal 21 UU No 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. Kemudian, standar layanan itu dipublikasikan melalui media banner di ruang ruang layanan atau melalui aplikasi dan sebagainya,” papar Abyadi.

 

Ditambahkannya, yang paling penting adalah melaksanakan layanan sesuai standar layanan yang telah ditetapkan. “Jadi ketika layanan dilaksanakan dengan informasi yang jelas dan transparan, persyaratan yang sederhana, waktu penyelesaian yang cepat dan tidak bertele-tele, alur layanan yang tidak berbelit-belit, biaya yang terjangkau dan sarana serta prasarana yang nyaman, maka pada saat itulah layanan publiknya sudah dikategorikan baik,” paparnya.

Omb aAbyadi menuturkan, Ombudsman sangat berharap agar perguruan tinggi juga "berteriak lantang" menyoroti layanan publik di internal USU sendiri maupun di instansi-instansi pemerintah lainnya. Karena suara dari perguruan tinggi biasanya lebih "jernih". Suara itu bisa lewat kajian ilmiah, melalui tulisan dan sebagainya. “Suara para akademisi dari perguruan tinggi sangat dibutuhkan dalam mengawal perbaikan layanan publik di Sumut,” tandasnya.

 

Ombudsman berharap hubungan yang selama ini sudah baik dengan USU, dapat lebih ditingkatkan. Bahkan, bila memungkinkan diwujudkan dalam Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang ditandatangani bersama. Ombudsman sangat mengapresiasi respon rektor serta upaya perbaikan layanan publik yang dilakukan di USU sejak 2017. Ketika itu, USU mengundang Ombudsman untuk sharing mewujudkan pelayanan publik yang baik.

Omb bRektor USU Dr Muryanto Amin, S Sos, M Si, berkomitmen untuk terus melanjutkan pembenahan layanan publik di USU dan membuka pintu untuk peningkatan kerjasama lebih lanjut dengan Ombudsman RI. (RY)

PetaIkonikUSU