MEDAN – HUMAS USU : Ketua Tim Penggerak PKK (TP PKK) Sumut Ny Edy Rahmayadi yang diwakili oleh Sekretaris TP PKK Sumut Reza Pahlevi beserta rombongan mengunjungi Gallery Artsari USU Selasa, (09/02). Kunjungan ke Gallery Artsari yang berlokasi di Jl Tri Dharma no 48 Medan ini diterima langsung oleh Ketua Dharma Wanita USU Ny Novi Muryanto didampingi oleh para pengurus Dharmawanita Persatuan USU (DWP USU). Hadir dalam kesempatan itu rombongan TP PKK Sumatera Barat.

PKK Edy bKegiatan ini merupakan kegiatan tindak lanjut awal pada kunjungan audiensi Lembaga Inovasi dan Inkubasi Teknologi Bisnis (LINKS USU) ke TP PKK Sumut pada 4 Februari yang lalu dimana turut dibahas tentang penguatan UMKM di Sumut.

PKK Edy dKetua DWP USU dalam sambutannya mengungkapkan rasa syukur dan bangga karena mendapatkan tugas perdana dalam mendampingi Bapak Rektor USU yaitu menyambut 2 rombongan TP PKK dari provinsi besar yang berada di luar jawa yaitu Sumatera Utara dan Sumatera Barat. Menurut Ny Novi kegiatan ini merupakan momen penting yakni studi banding yang yang berperan penting dalam peningkatan kerjasama pada masa yang akan datang terutama bagi instansi masing-masing.

PKK Edy e“Sebagai ibu Dharma Wanita, kita selalu mendukung upaya-upaya positif yang dilakukan oleh civitas akademika Universitas Sumatera Utara, apalagi kegiatan berbasis ekonomi kerakyatan terutama dalam pemanfaatan produk-produk inovasi USU, Dharma Wanita selalu siap membantu mengembangkan Kerjasama dengan semua pihak. Apalagi pada hari ini kerjasama dengan Tim Penggerak PKK Sumut, yang merupakan mitra yang paling prioritas bagi kami dalam mengembangkan Sumatera Utara. USU dengan inovasi yang dimiliki siap bersinergi guna mewujudkan Sumut bermartabat yang menjadi visi dari Pemerintah Sumatera Utara” Kata Novi.

PKK Edy aNovi berharap kunjungan ini menjadi event yang berharga bagi institusi kita masing-masing untuk mewujudkan visi misi dari organisasi induk masing-masing. Pasca kunjungan ini Dharma Wanita USU siap untuk melakukan Kerjasama dalam bentuk lainnya guna mempercepat USU agar menjadi salah satu universitas kategori Internasional, tentunya dengan dukungan Tim Penggerak PKK Sumatera Utara dan Sumatera Barat.

PKK Edy fSementara itu, Ketua TP PKK Sumut yang yang diwakili Sekretaris TP PKK Sumut Reza Pahlevi sangat antusias dan mengapresiasi Universitas Sumatera dalam pengembangan produk inovasi ini. Reza juga menyampaikan permintaan maaf Ny Edi Rahmayadi yang tidak dapat hadir dikesempatan kali ini, dimana ketidakhadiran beliau tidak mengurangi rasa antusiasme TP PKK Sumut pada produk-produk yang dihasilkan ini.

PKK Edy gKetua LINKS USU Dr Ir Lilis Sukeksih yang juga merupakan inventor yang berperan besar dalam pengembangan produk inovasi USU pada Gallery Artsari menyambut baik hal tersebut sebagai jalan awal pengembangan rencana penguatan UMKM di Sumatera Utara. Dr Ir Lilis Sukeksi dalam kesempatan ini menjelaskan sejarah awal terbentuk artsari dan produk-produk unggulan. Tidak hanya itu, tamu undangan yang hadir disuguhkan demo membuat sabun dengan peralatan rumah yang mudah didapatkan. Selanjutnya, para tamu diajak untuk mengunjungi pabrik pembuatan produk-produk artsari.

PKK Edy cLINKS USU merupakan lembaga yang telah memproduksi produk inovasi variatif dan ramah lingkungan yang dihasilkan oleh para mahasiswa, dosen dan peneliti di lingkungan USU. Di antaranya adalah sabun, shampoo dan lipstik natural bermerek Artsari. Sabun natural tersebut terdiri dari sabun pumpkin (labu kuning), sabun sirih dan sabun sereh. Sementara shampoo natural yang ada adalah shampo bayam dan lidah buaya. Lipstik natural dibuat dari bahan minyak kelapa, minyak zaitun, minyak jarak dan kaustik soda, serta pengisi lidah buaya segar dan pewangi minyak nilam. (NA)

PetaIkonikUSU